Sarasehan Budaya Digelar di Kandang Kebo

234

KORANBERNAS.ID — Sarasehan budaya dengan tajuk Pelestarian Warisan Cagar Budaya akan digelar Sabtu (04/08/2018) pukul 09:00 di Basecamp Komunitas Kandang Kebo Ngalian Widodomartani Ngemplak Sleman.

Selain sarasehan juga akan dilaksanakan  Blusukan Brutal pada 5 Agustus 2018 pukul 08:00 untuk mengeksplorasi benda-benda cagar budaya ke berbagai tempat di wilayah DIY.

Kepala Bidang Dokumentasi, Sarana dan Prasarana Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Wasita SS MAP di kantornya, Senin (30/07/2018), mengatakan pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan serupa.

Hal ini mengingat kegiatan-kegiatan tersebut akan meningkatkan cakrawala pemahaman budaya lokal serta meningkatkan kepedulian dan rasa handarbeni terhadap potensi budaya yang adiluhung.

Maria Tri Widayati selaku koordinator pelaksana menambahkan sarasehan yang ke-7 kalinya ini mengangkat topik Pelestarian Warisan Cagar Budaya dari Perspektif Negara dan Masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya menghadirkan  tiga narasumber yaitu Drs Marsis Sutopo MSi (mantan Kepala Balai Konservasi Borobudur), Antar Nugroho dari BPCB DIY, Wahyu Kristanta SS dari BPCB Jawa Tengah dengan moderator Transpiosa Riomandha.

Sedangkan acara blusukan dilaksanakan Minggu 5 Agustus 2018 mulai pukul 08:00, kali ini akan difokuskan di wilayah Kecamatan Kalasan.

Pada acara yang terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis itu, masing-masing peserta diminta membawa peralatan sendiri. (sol)