Sarpras Stadion Tridadi Sleman akan Diperbaiki

1068
Pagar pembatas penonton inilah yang akan ditarik mundur untuk keperluan revitalisasi lintasan atletik Stadion Tridadi Sleman. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Lintasan atau track atletik di Stadion Tridadi Sleman akan diperbaiki. Nantinya pagar pembatas penonton yang berada di sisi selatan dipindah. Dana perbaikan sarana dan prasarana (sarpras) stadion ini akan dianggarkan pada APBD Perubahan Pemerintah Kabupaten Sleman 2018.

Sebagai persiapan, Kamis (22/03/2018), Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY, Triyandi Mulkan SH, meninjau lokasi. “Selama ini ada pagar pembatas di sisi selatan yang menghalangi lintasan atletik,” ungkapnya.

Turut mendampingi kunjungan itu, Sumadi dari UPT Pengelolaan Stadion dan Sarpras Olahraga Sleman. Dia mengatakan pagar pembatas itu sudah tidak berfungsi lagi setelah Stadion Maguwoharjo jadi.

Karena itu, fasilitas cabang olahraga (cabor) yang lain terutama lintasan atletik akan dikembalikan secara maksimal.

Menurut dia, setiap tahun Pemkab Sleman menganggarkan sejumlah dana untuk enam stadion di antaranya Maguwoharjo, Tridadi, GOR Pangukan, Klebengan dan Lapangan Tenis Pemkab Sleman. Hanya saja dana tersebut terbatas. “Sebenarnya perbaikan Stadion Tridadi sudah diusulkan delapan tahun lalu,” kata dia.

Triyandi Mulkan menambahkan, saat ini DIY memang memerlukan sarpras olahraga yang memadai mengingat makin banyaknya atlet berprestasi dan potensial, salah satunya cabor atletik.

Triyandi Mulkan (dua dari kiri) meninjau sarpras Stadion Tridadi Sleman, Kamis (22/03/2018). (dwi suyono/koranbernas.id)

KONI selaku penanggung jawab di bidang keolahragaan akan bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan sarpras,  sehingga atlet potensial memiliki tempat yang tepat untuk mengembangkan potensinya. “Perbaikan sarana dan lintasan atletik ini menjadi salah satu agenda penting,” ungkapnya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sleman Hardo Kiswoyo yang ikut dalam peninjauan itu mengatakan, Pemkab Sleman akan berusaha mengucurkan dana perbaikan sarpras Stadion Tridadi pada APBD Perubahan 2018.

Jumlahnya lebih kurang Rp 500 juta. Ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk menyediakan sarpras olahraga bagi pengembangan keolahragaan di kabupaten tersebut.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sleman, Aris Priyanto, menyambut baik rencana perbaikan sarpras lintasan atletik Stadion Tridadi. Dengan perbaikan, maka stadion itu nantinya memiliki lintasan atletik yang standar. Ini penting sebagai bagian dari pengembangan prestasi para atlet muda potensial.

PASI mencatat, Sleman memiliki banyak atlet muda berbakat di berbagai nomor, dan terbukti kabupaten ini sering menyabet juara tingkat provinsi maupun nasional.

Dia sepakat, diperlukan sarpras yang standar. Revitalisasi lintasan atletik Stadion Tridadi dengan memundurkan pagar pembatas serta penataan track ini dinilainya sangat tepat.

Ke depan, sambung Triyadi Mulkan,  pihaknya akan sering menggelar kompetisi antar-kabupaten/kota se-DIY sehingga gairah dan dinamika atlet maupun pengurus cabor meningkat yang berujung pada peningkatan prestasi. (sol)