Satgas TMMD Memotivasi Siswa “Gerakan 4 J”

43
SENAM MAUMERE -- Anak-anak SD di Pasegeran sedang berlatih senam tari Maumere bersama anggota Satgas TMMD Banjarnegara. (Foto: Pendim 0704 - BNA/Koran Bernas).

KORANBERNAS.ID – Menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan peran serta warga masyarakat Pasegeran Kecamatan Pandanarum dalam sengkuyung pembangunan, salah satu anggota Satgas TMMD, Sertu Luki dari Kodim 0704 Banjarnegara menggalakkan ” 4J “. Jumat (3/7/18).

Gerakan 4J dimaksud adalah Jumat Sehat, Jumat Bersih, Jumat Taqwa dan Jumat Pintar. Yang sedang dilakukannya adalah dua kegiatan sekaligus, yaitu Jumat Sehat dan Pintar. Luki melatih anak-anak SDN 1 Pasegeran melakukan tari atau senam Maumere/Gemu Famire, dalam mempersiapkan keterlibatan masyarakat dan para pelajar mementaskannya secara massal saat Upacara Penutupan TMMD Reguler 102 Banjarnegara 8 Agustus 2018 mendatang di Lapangan Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum. 

Tampak salah satu anak, Mezzaluna Dona Azzahra (10), depan baju pramuka dan Melisa (12) kaos olah raga, bersemangat mengikuti gerakan Luki dan mencontohkannya kepada kawan-kawannya. 

Luki menyatakan, gerakan latihan tersebut merupakan salah satu wahana untuk mempersiapkan kekompakan dan kebersamaan dalam satu tujuan, yaitu suksesnya penutupan TMMD yang akan dihadiri ratusan bahkan ribuan pasang mata dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan prosesi penyerahan hasil karya TNI kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Kho Wing Chin di lapangan desa tersebut.

“Dari kegiatan Jumat Pintar ini, banyak sekali nilai-nilai dan karakter positif yang bisa dipetik di antaranya adalah kerja sama, gotong-royong dan kepedulian terhadap sesama kawan. Sehingga akan meningkatkan semangat belajar siswa itu sendiri,” ujar Luki. 

Luki juga menambahkan, gerakan itu diharapkan bisa berjalan secara kontinyu dan dapat ditularkan kepada warga lainnya, untuk terus memupuk kepedulian dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap warga lainnya. “Kuncinya adalah komitmen dan kerja sama,” pungkasnya. (*/Pendim 0704 – BNA)

Baca Juga :  Paham Radikalisme Menjadi Ancaman bagi Remaja