Satu Parpol Tidak Daftarkan Calegnya

110

KORANBERNAS.ID — Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) di KPU Kulonprogo berakhir 18 Juli dini hari. Salah satu parpol yakni PKPI tidak datang mendaftarkan bacalegnya.

Sementara partai baru PSI sudah mendaftarkan bacalegnya meskipun baru 5 orang saja.
Komisioner KPU Kulonprogo, Panggih Widodo, menjelaskan partai-partai yang mendaftarkan bacalegnya dipandang sudah lengkap persyaratannya.

“Sementara lengkap. Setiap bacaleg menyerahkan persyaratannya. Berkasnya kita verifikasi dan bila ada yang kurang kita minta dilengkapi hingga akhir Juli ini. Sudah itu kita tetapkan dan kita umumkan ke masyarakat,” kata Panggih.

Daftar nama bacaleg dapat dibaca masyarakat, dan boleh dikoreksi atau keberatan bila ada bacaleg yang sebenarnya tidak memenuhi syarat.. Bila terbukti maka dapat saja bacaleg tersebut dicoret namanya.

Baca Juga :  Gado-gado Ini Jadi Legenda Pasar Beringharjo

Soal jumlah caleg, partai-partai besar rata-rata menyerahkan 40 nama. Seperti PDIP PAN, Golkar, Gerindra PKS, Nasdem, Perindo yang relatif baru juga mendaftarkan 40 bacalegnya.
Partai lainnya yakni Hanura 17 nama, Demokrat 31, PBB 24. Garuda yang juga baru mendaftarkan 10 nama, Berkarya 21 nama.

PPP tercatat sebagai pendaftar paling akhir di KPU Kulonprogo yang mendaftarkan 28 orang bacalegnya. “Kita dari PPP mendaftar 28 bacaleg untuk kabupaten. Untuk provinsi dari Kulonprogo kita daftarkan 4 orang bacaleg,” ujar Afida, pengurus DPC PPP Kulonprogo. (sol)