Sawi Samhong Memberikan Penghasilan Jutaan Rupiah

1205
Budidaya tanaman Sawi Samhong di Dusun Ringinsari, Wonosari, Minggu (17/09/2017). (st aryono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID —Seorang petani di Dusun Ringinsari, Desa Wonosari, berhasil meraup untung berlimpah dari budidaya sawi samhong yang dikenal sebagai sawi kualitas terbaik. Dari budidayanya tersebut petani dapat memperoleh keuntungan hingga jutaan rupiah setiap bulannya.

Budi Kuncoro, seorang petani sayuran di Dusun Ringinsari mengatakan, dirinya menanam tanaman Sawi Samhong atau Sawi Manis dengan metode penanaman tanpa tanah atau yang sering disebut dengan tanaman hidroponik.

“Sawi Manis mudah dalam perawatan, karena dengan sistem hidroponik maka bisa dikembangkan dalam lahan sempit,” katanya, Minggu (17/09/2017).

Menurutnya, bibit tanaman yang dibeli melalui online seharga Rp 5.000 ini cukup diberi nutrisi dengan pengairan air yang cukup agar terus tumbuh maksimal. “Tanaman ini juga cukup tahan terhadap hama,” tambahnya.

Budi mengatakan, dirinya menanam sawi manis sejak 5 bulan terakhir. Dari usahanya ini, Budi mengaku dapat memperoleh keuntungan hingga Rp 2 juta setiap bulannya. Sawi Samhong miliknya ini dijual ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan wilayah DIY.

“Sudah banyak yang mengambil kesini. Jadi mudah dalam penjualannya,” ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan pihaknya terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan di sekitar rumah untuk tanaman yang mudah dikembangkan seperti sayuran, hingga cabai.

“Tidak memerlukan lahan luas. Pemanfaatan halaman rumah bisa untuk mengurangi pengeluaran, contohnya saat cabai mahal kemarin bisa memetik langsung di halaman,” tuturnya.(Surya Mega)