SD Negeri Ini Hanya Peroleh Tiga Murid Baru

9287

KORANBERNAS.ID —  Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SD Negeri di Kabupaten Klaten berakhir Rabu (04/07/2018) 2018. Hingga hari terakhir pendaftaran terdapat sejumlah sekolah yang hanya dapat beberapa murid.

Sekolah tersebut di antaranya SD Negeri Pasung 2 Kacamatan Wedi. Hingga hari terakhir pendaftaran, sekolah itu hanya memperoleh 3 murid baru.

“Dapat 3 murid. Padahal kami guru, komite sekolah dan perangkat desa sudah door to door ke rumah warga tapi dapatnya cuma 3 murid,” kata Sri Suyati,  Kepala SD Pasung 2.

Selain door to door agar bisa mendapat murid baru dalam jumlah banyak, pemerintah desa juga memberikan hadiah kepada siswa kelas 6 yang memperoleh predikat juara.

Sri Suyati menambahkan faktor penyebab minimnya SD Pasung 2 minim mendapatkan murid dikarenakan lokasi dan kondisi warga sekitar yang minim usia masuk sekolah. Kondisi ini sudah terjadi sejak tahun 2015.

Baca Juga :  Pengojek Klaten Tolak Angkutan Online

Secaara keseluruhan SD Pasung 2 Wedi memiliki murid kurang dari 50 orang terdiri dari kelas 6 dengan 11 siswa, kelas 5 (9 siswa), kelas 4 (10 siswa), kelas 3 (11 siswa), kelas 2 (3 siswa) dan kelas 1 (5 siswa termasuk 2 siswa yang tinggal kelas).

Kepala Desa Pasung Sumarsono mengaku prihatin dengan minimnya murid SD Pasung 2. Namun dia mengaku tidak bisa apa-apa meski sekolah itu prestasi anak didiknya cukup bagus di tingkat Kecamatan Wedi.

“Setiap tahun saya support dengan memberi hadiah kepada juara tetapi tetap saja jumlah siswanya sedikit,” ujarnya.

Di tempat terpisah, koordinator pendidikan  (dulu UPTD) Wilayah Kecamatan Wedi, Sudibyo, mengatakan terhadap sekolah yang siswanya sedikit akan diusulkan untuk di-regrouping (digabung).

Baca Juga :  Pelaksana Pembangunan Pemkab Dua Disemprit

“Tahun ini ada tiga SD yang kami usulkan di-regrouping karena siswanya minim. Tiga sekolahan itu SD Pasung 2, SD Kaligayam 2 dan SD Kalitengah 2,” ujarnya. (sol)