Sebagian Pengurus Parpol Belum Bisa Ditemui

93
Petugas KPU temanggung memberi pengarahan tamu yang datang menanyakan masalah verifikasi parpol. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Jelang Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Temanggung melakukan verifikasi faktual (verfak) terhadap 14 partai politik (parpol) calon peserta pemilu. Dua di antaranya partai baru.

“Verifikasi faktual berlangsung beberapa hari lalu. Partai yang diverifikasi yakni PDI Perjuangan, PKB, Partai  Gerindra, PAN, PKS, PBB, Partai Golkar, PPP, Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai Demokrat serta PKPI, serta dua partai baru yakni Partai Perindo serta Partai Berkarya,” kata Yami Blumut, Komisioner KPUD Temanggung Divisi Hukum, Senin (05/02/2018).

Dia menjelaskan, verifikasi dimaksudkan untuk mengetahui kepengurusan parpol, keterwakilan perempuan, domisili kantor serta keanggotaan parpol.

Untuk partai-partai yang baru, lanjutnya, pengurusnya belum bisa ditemui. Namun demikian KPU akan berusaha semaksimal mungkin untuk menemuinya.

Baca Juga :  Tanda Cinta dari “Koyok Istimewa”

Parpol baru yang baru saja selesai diverifikasi yaitu Partai Perindo dan Partai Berkarya. Sedangkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan juga Garuda belum selesai diverifikasi terkait dengan keanggotaan parpol tersebut.

Begitu tahapan verifikasi faktual selesai, akan dilakukan penyerahan hasil ke masing-masing parpol. Jika didapati ada kekurangan, KPUD Temanggung memberikan waktu untuk melakukan perbaikan.(sol)