Sedayu Punya Cara Unik Lestarikan Lingkungan

246
Calon pengantin menanam pohon disela-sela kegiatan senam massal “Jajan Konco Nglarisi Tonggo” di Goa Payaman, Dusun Kepuhan, Desa Agorejo, Kecamatan Sedayu, Minggu (3/12/2017). (istimewa)  

ORANBERNAS.ID—Terobosan unik untuk pelestarian dan penyelamatan lingkungan diambil oleh pemerintah Kecamatan Sedayu yang digawangi oleh Camat Fauzan Muarifin.  Melalui surat imbauan yang dibuat, bagi pasangan pengantin (catin) di wilayah Sedayu diharapkan untuk bisa menebar benih ikan di sungai serta menanam pohon.

“Diharapkan kegiatan menebar benih dan menanam pohon ini menjadi tradisi di Sedayu,”kata  Fauzan  saat acara tanam bibit calon pengantin di Goa Payaman, Dusun Kepuhan, Desa Argorejo, Minggu (3/12/2017). Kegiatan yang  dibarengi dengan senam massal sosialisasi “Jajan Tonggo Nglarisi Konco” ini juga dihadiri Daramil 02/Sedayu Kapten (Inf) Kusmin, Panit 1 Bhinmas Polsek Sedayu Iptu Agus Supraja dan ratusan  peserta.

“Saya berharap jika ini dilakukan secara terus menerus dan semua pengantin melaksanakan surat himbauan tadi maka vegetasi dan ekosistem sungai bisa dijamin keberlangsunganya,”katanya.

Baca Juga :  PWS Pilih Tempat Diskusi Setengah Terbuka

Apa yang  menjadi imbauan Camat inovatif tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Setidaknya sejak sebulan lalu sudah ada 7 pasang pengantin yang tabur ikan ke sungai dan menanam pohon. Diharapkan hal ini akan  diikuti  pasangan calon pengantin lain di wilayah Sedayu.

Sebelumnya lebih dari 1.000 warga ikut senam bersama  dengan hadiah menarik  seperti sepeda dan puluhan barang elektronik bekerjasama dengan berbagai pihak . Acara juga diisi dengan hiburan  organ tunggal “Lintang Rembulan” dari Dusun Kepuhan, Desa Argorejo dengan Mc Fuad. Para peserta usai senam nampak larut dalam kegembiraan berjoged mengikuti irama musik yang dimainkan termasuk jajaran Muspika.

“Dengan kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi semua lapisan masyarakat. Sekaligus untuk menyehatkan badan,” kata Iptu Agus. (SM)

Baca Juga :  Menakjubkan, Enam Menit Menyelesaikan Tiga Lukisan