Seharusnya, Status Sosial Tak Diukur dari Materi

134

KORANBERNAS.ID – Sejumlah elemen pemuda di Kabupaten Sleman, Sabtu (17/02/2018) malam di Rumah Dinas Bupati Sleman, mendeklarasikan Damai Pemuda Sleman Jujur, Akur, Sak Sedulur.

Naskah deklarasi ditandatangani Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI, Kapolres Sleman AKBP Firman Lukmanul Hakim, Ketua KNPI Sleman, Ketua Karang Taruna Sleman dan perwakilan beberapa ormas.

Acra yang dikemas dalam Ngopi Bareng Bupati Sleman kali ini diikuti 125 peserta dari Karang Taruna, Organisasi Kepemudaan, FKPPI, Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah Sleman, Pemuda Katolik, Pemuda Kristen, Pemuda Hindu, Pemuda Budha.

Selaku narasumber, Dr Hempri Suyatna dari Forum Pemantau Independen (Forpi) Sleman yang juga dosen UGM menyampaikan, keberhasilan dan status sosial seseorang biasanya diukur dengan ekonomi dan materi.

Baca Juga :  Produk Kuliner Unik Tampil di Hartono Mall

“Seharusnya bukan itu yang menjadi tolok ukur seseorang dikatakan berhasil. Namun yang terjadi di masyarakat tidak bisa dipungkiri,” kata dia.

Generasi muda harus mampu menangkap permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat untuk diantisipasi. Banyak faktor penyebab permasalahan sosial di masyarakat.

Misalnya, tingginya angka pengangguran yang dampaknya bisa menimbulkan tindak kriminal. “Itu yang harus diantisipasi oleh generasi muda sebagai tulang punggung suatu bangsa,” katanya.

Sri Purnomo mengatakan Sleman selain sebagai kota pelajar, kota pendidikan, kota pariwisata, juga sebagai kota kesehatan. Banyak rumah sakit besar ada di Sleman.

“Dengan predikat tersebut diharapkan generasi muda mengambil peluang. Generasi muda harus mampu menjaga Sleman menjadi lebih baik, aman dan kondusif,” kata Sri Purnomo.

Baca Juga :  Glory 580 Mengaspal di Jogja

Ketua KNPI Sleman Sukron Arif Mutaqin mengatakan kejadian akhir-akhir ini perlu disikapi bersama secara bijak. Pemuda harus jujur dan akur agar Sleman tetap aman dan kondosif.

“Meskipun berbeda agama dan golongan namun kita harus bersatu padu agar Sleman lebih baik,” kata Sukron. (sol)