Sejumlah 21 Siswa SMAN 1 Purbalingga Melaju ke Olimpiade Sains

238

KORANBERNAS.ID – Sejumlah 21 siswa SMAN 1 Purbalingga dari kelas 10 dan 11 dinyatakan lolos Olimpiade Sains SMA Tingkat Kabupaten (OSK) untuk berbagai bidang lomba, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikian dan Kebudayaan Provinsi Jawa-Tengah.

Selanjutnya, mereka pada 16-19 April mendatang akan melaju ke  Olimpiade Sains SMA Tingkat Provinsi  (OSP) Jateng,  untuk bersaing dengan utusan dari kabupaten/kota  se-Jateng,  yang akan dilaksanakan di  Semarang.

Pengumuman lolos seleksi OSK itu dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Selasa (20/03/2018).

“Lomba ini berjenjang, jika lolos di tingkat provinsi, selanjutnya akan melaju ke tingkat nasional atau Olimpiade Sain Nasional  yang akan digelar awal Juli di Kota Padang Sumatera Barat. Mohon doanya, untuk wakil-wakil dari Purbalingga, khususnya SMAN 1 Purbalingga semoga bisa menjadi yang terbaik,” ujar Drs Kustomo, Kepala SMAN 1 Purbalingga kepada koranbernas.id di sekolah setempat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Rochmatiningsih SPd,  menambahkan untuk persiapan menghadapi olimpiade sains ini, pihaknya menggembleng anak-anak dengan pelatihan intensif, yang melibatkan juga alumni, mendatangkan pelatih dari luar serta  kalangan perguruan tinggi yang sudah berpengalaman membekali peserta Olimpiade Sains SMA. “Mereka kami bekali berbagai bidang lomba,” ujarnya.

Dari 21 siswa SMAN 1 Purbalingga yang akan melaju ke  OSP tingkat Jateng itu, akan berlaga di sembilan  bidang lomba. Terdiri Komputer dua siswa, Astronomi (3), Kimia (2), Biologi (2), Fisika (1), Kebumian (2), Matematika (1), Geografi (4) dan  Ekonomi tiga siswa. (sol)