Sejumlah 47 Penyuluh Pertanian Jadi PNS

103
Pjs Bupati Sudaryanto mengambil sumpah 47 PPL Pertanian menjadi PNS di Pendopo Jenar. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Sejumlah 47 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Temanggung dilantik menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pelantikan  ini ditandai penyerahan Surat Keputusan (SK) oleh Penjabat Sementara Bupati Temanggung, Sudaryanto, Kamis  (31/05/2018,) di Pendopo Jenar Setda Temanggung.

Tampak hadir, Sekda Bambang Arochman, para Asisten Sekda, Kepala Inspektorat dan Kepala BKPSDM

Sudaryanto mengatakan, pengambilan sumpah PNS merupakan amanah yang wajib dilaksanakan, sebagai upaya pembinaan PNS  yang bersih, jujur, dan sadar akan tanggung jawab sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan masyarakat. PNS harus melaksanakan tugasnya penuh rasa tanggung jawab.

Dia berharap para penyuluh pertanian meningkatkan kinerjanya, dengan demikian pembangunan sektor pertanian berjalan optimal agar kesejahteraan masyarakat utamanya para petani semakin meningkat.

Kabupaten Temanggung sebagai salah satu daerah agraris membutuhkan peran aktif para penyuluh. Mereka diperlukan untuk membimbing dan memberikan penyuluhan para petani agar meningkat kualitasnya, sehingga bisa bertani secara modern.

“Para PPL yang telah menjadi PNS dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, menciptakan dan memelihara suasana kerja yang harmonis dengan sesama rekan kerja sehingga tugas pelayanan pertanian bisa optimal,” pintanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Temanggung, Dja`far, menjelaskan sebanyak 47 Penyuluh Pertanian yang menerima SK PNS merupakan peserta yang lulus dari masa percobaan, diklat prajabatan dan persyaratan.

Sebelumnya, mereka menerima SK CPNS dari hasil seleksi perekrutan  program pegawai Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu (THL-TB). Selanjutnya mereka ditempatkan sebagai Penyuluh Pertanian di 20 Kecamatan  (sol)