Sejumlah 87 SMP Negeri Gelar UNBK Mandiri

92

KORANBERNAS.ID — Sebanyak 87 SMP Negeri di Kabupaten Klaten akan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mandiri serentak pada 23- 26 April 2018.

Namun sebelumnya akan didahului ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) yang akan dilaksanakan pada 9 April.

Ketua panitia penyelenggara ujian nasional (UN) SMP 2018,  Widiyarto S Pd, mengatakan untuk kelancaran pelaksanaan ujian nasional pengurus dibagi dalam lima rayonisasi.

“Ada rayonisasi pengurus wilayah kota, Pedan, Jatinom, Tulung dan Delanggu. Semua sarana dan prasarana sudah siap,” katanya.

Widiyarto yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP itu menambahkan selain kesiapan sarana dan prasarana, sekolah juga sudah menyelenggarakan kegiatan simulasi penggunaan komputer dan latihan try out.

Saat ditanya pelaksanaan UNBK dan UASBN di sekolah swasta dan MTs, Didik, panggilan akrab Widiyarto, menjawab tetap menyelenggarakan seperti jadwal SMP Negeri.

Baca Juga :  Juri Sekolah Sehat Diarak Dokar Hias

“Dinas Pendidikan tetap memantau sekalipun sekolahan itu di bawah yayasan maupun di bawah Kementerian Agama,” ujarnya.

Koordinator Pengurus UNBK SMP Subrayon Kota, Gumawang SPd, menjelaskan semua sekolah sudah siap menyelenggarakan UNBK. “Semua sudah oke. Sarana dan prasarana di sekolah masing-masing sudah siap,” kata Gumawang yang juga Kepala SMP 5 Klaten itu.

Subrayon wilayah Kota, kata dia, meliputi Kecamatan Klaten Tengah, Klaten Utara, Klaten Selatan, Wedi, Kebonarum dan Kalikotes.

Dia mengakui, UNBK SMP kali ini memang ada yang sudah kesekian kali dilaksanakan oleh SMP dan ada juga yang pertama kali dilaksanakan.

Berbeda dengan pernyataan Ketua Panitia Penyelenggara UNBK Widiyarto S Pd yang menyebutkan seluruh SMP Negeri akan menyelenggarakan UNBK mandiri, Gumawang mengatakan ada sekolah negeri yang bergabung dengan sekolah lain  karena belum mampu dan belum memiliki komputer. (sol)

Baca Juga :  Satu Lagi Kampus di DIY Terakreditasi A