Sejumlah Desa Kesulitan Belanjakan Dananya

140
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dipermades), Agus Sarwono diwawancari wartawan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Penyaluran  Dana Desa tahap I tahun 2018  di Kabupaten Temanggung ditargetkan sudah dapat selesai dicairkan bulan ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dipermades) Temanggung, Agus Sarwono, ketika dimintai keterangannya, Kamis (15/03/2018) mengatakan, dari total 266 desa di Kabupaten Temanggung saat ini baru 68 desa yang telah mengajukan pencairan dana desa. Hal ini disebabkan karena penetapan APBDes.

Di sejumlah desa ternyata masih terdapat kesulitan kaitannya dengan penyusunan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Padahal penyusunan RAB sudah diberikan panduan, tetapi tampaknya masih ada kendala terkait dengan survei harga di lapangan.

“Masih terdapat 196 desa yang belum melakukan pengajuan pencairan. Sedangkan syarat pengajuan pencairan dana desa hanya diminta untuk menyerahkan APBDes ke Dinpermades saja,” ucapnya.

Baca Juga :  UMY Terjunkan Ribuan Mahasiswa KKN

Adapun 68 desa tersebut berasal dari lima  kecamatan meliputi Kecamatan Gemawang, Pringsurat, Ngadirejo, Bulu dan Selopampang.

Tahun ini, dana desa difokuskan bidang pemberdayaan dengan minimal penggunaan 20 persen, selanjutnya jika ada sisa dapat digunakan untuk infrastruktur dan juga lembaga desa.

Dana desa yang diberikan pada 2018 sebesar Rp 213 miliar. Jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun 2017 sebesar Rp 211 miliar.

Kenaikan tersebut dikarenakan terdapat penambahan desa afirmasi sebanyak 52 desa yang terdapat di Kabupaten Temanggung.

“Desa ini yang dikategorikan oleh Kementerian Desa dan PDTT sebagai desa yang tertinggal, sehingga mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 157.549.000, tujuannya untuk program pengentasan kemiskinan,” ujar Agus.

Baca Juga :  IPG di Sleman Menarik Minat GOW NTB

Penggunaan Dana Desa untuk program pengentasan kemiskinan wujudnya berupa perbaikan rumah tidak layak huni, pembangunan jamban komunal serta peningkatan ekonomi keluarga miskin.

“Setelah selesai proses pencairan dana desa tahap I, diharapkan pada bulan April 2018 dapat mengajukan pencairan dana desa tahap dua,” tambahnya. (sol)