Sejumlah Menara Selular Disinyalir Tak Berizin

143

KORANBERNAS.ID–Sejumlah menara selular atau dikenal dengan BTS (Based Transmition System) yang berdiri di Kabupaten Klaten disinyalir tidak berizin. Karena itu, beberapa diantaranya terpaksa diberi tindakan tegas hingga tidak bisa berfungsi sama sekali.

Padahal tower itu sudah berdiri tegak dan dipasang pagar keliling. Namun karena izin tower itu belum ada dan pihak pemborong yang membangun tidak mengurus maka tower itu menjadi bangunan mangkrak.

Seperti tower selular di belakang RS PKU Muhammadiyah Desa Gatak Delanggu misalnya. Tower itu sudah selesai dibangun pada 2015. Namun karena tidak memiliki izin, maka tower itu tidak bisa digunakan. Bahkan karena sudah lebih dari 3 tahun tower itu tidak terawatt, maka lokasinya ditumbuhi semak belukar.

Kepala Bidang Penegakan Perda (Gakda) Satpol PP Poniman mengatakan tindakan tegas berupa penyegelan terpaksa diberilam karena tower itu belum ada izin.

“Lengkapi dulu izinnya biar tidak ada masalah dikemudian hari,” kata Poniman.

Menanggapi adanya beberapa tower yang harus disegel karena tidak berizin, dia mengimbau pemborong yang mendirikan tower untuk segera mengurus.

Senada dikemukakan Kabid Kominfo Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Totok Gantoro. Menurut dia, sebelum tower selular dibangun hendaknya dilengkapi dulu seluruh izinnya. Selain itu kata dia, seluruh permasalahan yang ada di lapangan harus diselesaikan terlebih dahulu.

Petugas Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) yang diminta data seputar jumlah tower selular yang berizin dan tidak mengaku tidal tahu.

“Tidak tahu pak. Coba di Satpol PP mungkin ada data,” kata petugas saat dikonfirmasi.

Penyegelan tower selular yang tidak berizin oleh petugas Satpol PP Pemkab Klaten juga mengingatkan kembali pada tower selular di Dukuh Ngalas Desa Jetis Delanggu beberapa waktu lalu.

Hanya saja yang menarik di tower selular Dukuh Ngalas Desa Jetis karena penyegelan justru terjadi 2 kali. Pertama bulan Mei 2018 tepatnya pada saat membangun pondasi dan kedua saat tower sudah selesai dibangun pada 26 Juni 2018 lalu. (SM)