Sekarang Ada Direct Fligth dari Jogja ke Pangkal Pinang

208
Penumpang mulai naik ke pesawat Nam Air, yang akan menerbangi rute Jogja-Pangkal Pinang, Kamis (28/12/2017) malam. Rute ini diterbangi Sriwijaya grup setiap hari dengan mengambil slot penerbangan malam hari. (surya mega/koranbernas.id)

 KORANBERNAS.ID—Penerbangan dari Jogja terus berkembang dan bertambah. Per 28 Desember 2017, dibuka lagi rute baru, yakni Jogja-Pangkal Pinang pulang pergi (pp). Rute ini dilayani oleh Nam Air –grup dari Sriwijaya Air- dengan jadwal sekali setiap hari. Dari Jogja, pesawat berangkat pukul 18.00 dan dari pangkal Pinang pukul 20.30 wib.

“Ya mulai 28 Desember. Rute itu dilayani sekali setiap hari. Kami menyambut baik pembukaan rute ini, karena akan menambah layanan ke masyarakat,” kata GM PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Agus Pandu Purnama, kepada koranbernas.id.

Pembukaan rute baru ini dilakukan oleh Direktur Operasi Nam Air, Capt Daniel Adhitya, disaksikan oleh Agus Pandu dan sejumlah pejabat terkait, Kamis (28/12/2017) petang.

Direktur Operasi Nam Air, capt daniel Adhitya menyerahkan cinderamata kepada GM Angkasa Pura 1 Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama. (surya mega/koranbernas.id)

Daniel Adhitya mengatakan, rute ini dilayani dengan Boeing 737-500. Bagi Sriwijaya dan Nam Air, pembukaan rute ini, menambah ratusan rute lain yang sudah terlebih dulu dilayani secara nasional. Sedangkan dari Jogja, penerbangan dengan rute ke Pangkal Pinang pp ini menjadi yang pertama kali dibuka oleh maskapai. Sehingga diharapkan, penerbangan di rute ini akan menjadi alternatif yang menarik bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan antar kedua kota.

Baca Juga :  Teknologi Dorong Perkembangan Promotor Event Kecil

District Manager Sriwijaya Air Yogyakarta Faisal Rahman menambahkan, penerbangan langsung Jogja-Pangkal Pinang merupakan rencana lama yang digagas sejak 2015 lalu. Karena berbagai hal termasuk keterbatasan armada, rencana tersebut baru terealisir Desember 2017.

“Agak tertunda, tapi kami optimistis rute ini akan menjadi jawaban bagi penumpang yang menginginkan perjalanan lebih cepat antar kedua kota. Rute ini ditempuh hanya dalam waktu 1 jam 25 menit. Jauh lebih cepat ketimbang harus transit di Jakarta yang biasanya membutuhkan waktu 5 jam perjalanan karena harus menunggu jadwal koneksi ke Pangkal Pinang dari Bandara Soeta,” katanya.

Animo penumpang untuk rute ini, diakui Faisal cukup baik. Load factor untuk penerbangan perdana kemarin mencapai 80 persen. Jumlah ini diyakini naik menjadi 95 persen saat puncak arus balik pada tanggal 2 dan 3 Februari 2017.

Baca Juga :  New SX4 S-Cross Sudah Ready Stock di Jogja

“Untuk saat ini pasar kami memang wisatawan. Tapi untuk jadwal regular, rute Jogja-Pangkal Pinang akan diminati bukan hanya wisawatan, tapi juga pelajar, dan juga penumpang umum mengingat Bangka Belitung juga menjadi daerah transmigran sehingga banyak warga disana asalnya dari Jogja dan sekitarnya,” pungkas Faisal.(SM)