Sekda DIY yang Baru juga Bertitel Insinyur

752
Gatot Saptadi diambil sumpahnya menjadi Sekda DIY, Selasa (15/08/2017) di Bangsal Kepatihan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sekretaris Daerah (Sekda) DIY yang baru, Gatot Saptadi, dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Selasa (15/08/2017), di Bangsal Kepatihan. Menilik  riwayat pendidikannya, Gatot Saptadi juga bertitel Insinyur. Gelar kesarjanaan di bidang teknik ini sama dengan gelar yang disandang oleh dua Sekda DIY sebelumnya yaitu Ir Bambang Susanto Priyohadi dan Ir Tri Harjun Ismaji.

Memang, jabatan Sekda DIY selain perannya sangat sentral, juga mengandung konsekuensi amanah serta  tanggung jawab yang besar. “Peran Sekda sangat sentral, karena berkewajiban memimpin Sekretariat Daerah serta membantu Gubernur menyusun kebijakan dan membina hubungan kerja dengan aparatur di jenjang bawah,” tutur Sultan HB X dalam sambutannya.

Baca Juga :  GL Zoo Ajak Karyawan Wisata ke Bali

Gubernur berharap Sekda harus mampu berperan menjadi ice breaker dalam perjumpaan Tri Pilar DIY yaitu kebudayaan, pendidikan dan pariwisata beserta sektor-sektor kaitannya. Selain itu, juga berperan sebagai seorang achievement driver yang proaktif mengidentifikasi bidang-bidang bernilai tambah, memenuhi tugas tepat waktu, dana dan mutu. Semua itu penting karena terkait dengan visi Gubernur DIY 2017-2022 yang dijabarkan melalui misi Panca Mulia.

Gatot Saptadi menjabat sebagai Sekda DIY menggantikan Drs Ichsanuri, yang memasuki masa purnatugas 1 Juni 2016. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 86/PPA tahun 2017 tertanggal 21 Juli 2017 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemda.

Baca Juga :  Empat Desainer Siap Tampil di Ajang JHF 2018

Sebelum Gatot Saptadi sebagai Sekda definitif, Gubernur DIY sudah dua kali menunjuk Pj Sekda yaitu Ir Rani Sjamsinarsi MT dan Drs Sulistyo SH CN MSi dalam kurun periode 2016-2017.

Acara pelantikan dihadiri antara lainn Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus dan DPOD Kemendagri, anggota Forkopimda DIY dan anggota Tim Seleksi Sekda DIY. Sedangkan bertindak sebagau saksi Drs Gunarso BC IP selaku Kakanwil Kemenkumham DIY dan Dra Tytut Ratih Kusumo, Kepala Perwakilan BPKP DIY. (sol)