Sekolah di SMK Ar Rahmah Gratis

362
Siswa SMK Ar Rahmah Dusun Kedungbule Desa Trimurti Srandakan Bantul. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Saat ini biaya pendidikan masih menjadi kendala sebagian masyarakat Indonesia karena dinilai mahal dan tidak terjangkau. Maka tidak jarang ditemukan anak putus sekolah karena alasan ekonomi.

Menjawab kegelisahan sebagian masyarakat tersebut, sebuah sekolah menawarkan pendidikan gratis bagi siswanya.

Ya, SMK Ar Rahmah yang beralamat di Dusun Kedungbule Desa Trimurti Kecamatan Srandakan Bantul menawarkan pendidikan gratis yang pendaftarannya dimulai Selasa  (03/07/2018) hingga 14 Juli mendatang.

Ada dua kelas dengan daya tampung 64 siswa yang akan  menikmati sekolah gratis tersebut. Syaratnya menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) selain syarat formal lainnya.

Pendaftar tidak dibatasi hanya dari Bantul namun juga seluruh Indonesia. Tahun-tahun sebelumnya juga banyak siswa sekolah ini berasal dari luar DIY bahkan luar Jawa.

“Silakan datang ke sekolah, mendaftar  dan menikmati pendidikan gratis di tempat kami,” kata Rahmat Jatmiko SPd, Kepala Sekolah Ar Rahmah, di tempatnya tugas, Selasa (03/07/2018).

Baca Juga :  “Disruptive Innovation” Geser Pemain Bisnis yang Sudah Mapan

Adapun sekolah yang  bernaung di bawah Yayasan Keluarga  KH AR Fachruddin, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode tahun 1968-1990 tersebut, membuka jurusan Teknik Komputer jaringan (TKJ).

Bukan hanya biaya sekolah  yang gratis (kecuali seragam), tapi siswa juga gratis biasa mondok selama tiga tahun.

Menurut Rahmat berbagai macam penghargaan dan  segudang prestasi diraih oleh siswa SMK Ar Rahmah. Baik kejuaraan tingkat kecamatan, kabupaten, DIY maupun tingkat nasional.

Hal itu  dibuktikan dengan  piagam, sertifikat dan piala yang berjajar di  almari sekolah.

Adapun untuk  fasilitas pelaksanaan belajar mengajar di sekolah yang berdiri tahun 1980 tersebut adalah  6 ruang kelas, 2 ruang laboratorium komputer, kantor, perpustakaan, kamar mandi, halaman luas, ekstra kulikuler dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga :  Batan Dipercaya Jadi Mitra IAEA

Jika ingin informasi lengkap bisa membuka website http://smkarrahmah.blogspot.co.id/

“Pada tahun pelajaran  2017/2018  kami menampung  120 santri, yang sebagian besar dari keluarga tidak mampu. Mereka kita gratiskan mulai pemondokan, sandang, pangan. uang gedung/pembangunan, SPP 3 tahun juga gratis, uang pengembangan, uang infak  dan lainnya,” kata Rahmat.

Untuk kebutuhan harian meliputi baju, makan, minum dan uang saku anak serta melengkapi sarana prasarana pondok dan sekolah, pihaknya mengandalkan dari budi baik para donatur atau dermawan.

Di sekolah ini selain pendidikan formal di SMK, siswa juga tinggal di pondok pesantren. Sehingga mendapat pembekalan agama yang baik dari para pengasuh di sini,” katanya.

Selain cerdas diharapkan siswa juga memiliki pemahaman agama yang baik dan akhlak yang baik pula sehingga menjadi generasi harapan bangsa. (sol)