Selalu Waspada Saat Berbelanja

145
Bhabinkamtibmas Argomulyo,Kec Sedayu, Bripka Ekwan Setiawan SE ikut dalam sidak makanan jelang natal dan tahun baru beberapa hari lalu. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Menjelang datangnya Hari Natal dan Tahun baru 2018 dipastikan kebutuhan akan bahan pokok meningkat. Tidak jarang di saat permintaan melonjak, ada pedagang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi yang ada untuk berbuat curang. Salah satunya menjual barang tidak layak konsumsi ke pasaran karena memanfaatkan momen yang ada.

“Untuk itulah petugas gabungan yakni kepolisian, Puskesmas, Koramil dan pihak terkait di wilayah Sedayu telah melakukan razia ke beberapa toko. Termasuk juga kami menyasar rumah makan dan kantin sekolah,”kata Bhabinkamtibmas Desa Argomulyo, Bripka Ekwan Setiawan SE, Rabu (13/12/2017).

Sidak yang dilakukan beberapa hari lalu itu menyasar di SDN Gunungmulyo dan di dapati jika kantin sekolah tersebut cukup bersih. Namun saat sidak ke sebuah RM padang tidak jauh dari titik pertama terlihat ada tempat masak yang kotor, di sebuah warung kelontong di wilayah Dusun Karanglo ditemukan minuman kemasan kadaluarsa dan di SDN Pedes ditemukan tumpukan kardus berdampingan dengan kantin sehingga kurang bersih.

Baca Juga :  Seru, 28 Tim Meriahkan Sidomulyo Cup

Di sebuah RM wilayah Kemusuk Kidul ditemukan tempat masak yang kurang bersih berdketan dengan tumpukan kayu sehingga rawan kebakaran. Di sebuah warung soto tidak jauh dari tempat tersebut juga ditemukan tempat masak yang kumuh, di sebuah toko kelontong ditemukan makanan kadaluarsa dan banyak debu.

Terhadap temuan tersebut kepada pemilik toko maupun pengelola kantin serta warung makan diberikan himbauan agar selalu menjaga kebersihan sehingga hasil masakan tidak kotor karena bisa menyebabkan sakit. Untuk makanan atau minuman yang kadaluarsa agar tidak dijual. Juga diminta untuk antisipasi terhadap bahaya kebakaran.

“Untuk itulah kepada masyarakat petugas juga menghimbau agar saat berbelanja itu waspada dan teliti baik itu tanggal kadaluarsa maupun bungkusnya jangan rusak atau penyok,” katanya. (yve)

Baca Juga :  Aksi Teror Gereja: Ada Sobekan Uang di Tas Tersangka