Selama 14 Hari Polisi Turun ke Jalan. Ada Apa ?

149
Apel gelar pasukan di halaman Mapolres Gunungkidul, Rabu (1/11/2017). (st aryana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kepolisian Resort Gunungkidul menggelar Zebra Progo 2017, Operasi ini mulai resmi digelar selama 14 hari, dimulai pada tanggal 1 sampai 14 November 2017 mendatang. Selama operasi ini ratusan polisi, utamanya Satlantas akan turun ke jalan, untuk melakukan operasi penertiban berlalulintas.

Secara resmi apel gelar pasukan berlangsung di halaman Mapolres Gunungkidul, Rabu (01/11/2017) dipimpin langsung Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhammad Arif Sugiarto. Pelaksanaan operasi ditandai dengan pemberian tanda pita bagi anggota polisi yang akan melaksanakan tugas selama 14 hari ini.

Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko menegaskan operasi Zebra selama 14 hari kedepan, diutamakan pada penindakan hukum dengan hunting dan razia. Menurutnya, ada dua lokasi yang akan dilakukan operasi yakni Bunderan Siyono, Playen.

Baca Juga :  Buka dan Sahur Gratis

“Pemilihan ini karena dilokasi tersebut sering terjadi pelanggaran lalulintas, apalagi disana banyak jalur menuju ke beberapa wilayah,” tegasnya.

Selain itu operasi juga berlokasi di Rest Area Bunder, Playen, dengan pertimbangan merupakan wilayah rawan laka sejauh 2,5 km. Mega mengatakan, dengan operasi ini bisa mengurangi angka kecelakaan yang cukup tinggi. Selain itu, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap penggunaan lampu strobo. Diharapkan masyarakat bisa mencopot sendiri, sehingga tidak dilakukan penilangan.

“Masyarakat dihimbau untuk mencopot sendiri, karena sesuai dengan Undang-Undang hanya digunakan untuk mobil tertentu, bukan untuk masyarakat umum yang kegunaanya dipertanyakan,” jelasnya.

Sementara Kapolres Gunungkidul, AKBP Muhammad Arif Sugiarto menyampaikan, jika operasi ini untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalulintas, dan sehingga tingkat fatalitas korban lakalantas, bisa ditekan.

Baca Juga :  Menunggu Aksi Panggung Via Vallen di Alun-alun Wonosari

“Ini penting dalam upaya meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya oponi positif dan citra tertib dalam berlalu lintas,” ujarnya. (yve)