Selama Sebulan Tentara Tinggal di Rumah Warga

145
TNI dari Kodim 0702/Purbalingga bergotong royong bersama masyarakat membuat jalan makadam di Kecamatan Karangjambu. (prasetiyo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 tingkat Kabupaten Purbalingga dipusatkan di desa paling ujung utara Kabupaten Purbalingga, yaitu Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu. Pembukaan kegiatan akan dilaksanakan Rabu (28/03/2018) mendatang.

Komandan Kodim 0702 Purbalingga Letkol Inf Andi Bagus Dian Arika mengemukakan,  berbagai kegiatan fisik akan dikerjakan oleh TNI bersama masyarakat, antara lain pembangunan jalan makadam  sepanjang 1.975 meter, pembuatan gorong-gorong, pembuatan talut dan Rehab  Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Menjelang pembukakaan TMMD, persiapan sudah kami lakukan, di antaranya  mendirikan Pos Komando Taktis (Poskotis) di Balai Desa Karangjambu, yang nantinya  akan dijadikan sebagai pusat komando selama kegiatan TMMD Reguler ke-101 berlangsung sebulan penuh,”  ujar Dandim saat meninjau lokasi TMMDdi Desa Karang Jambu, Jumat (23/03/2018).

Baca Juga :  Cincin Perak Sang Menteri Berkilau Kembali

Selama sebulan itu, pasukan dari Kodim 0702  akan tinggal di rumah-rumah warga di Desa Karang Jambu.

Menjelang upacara pembukaan TMMD, lanjut Dandim, sejumlah personel Kodim Purbalingga bersama warga masyarakat juga melakukan kerja bakti membenahi lapangan sepak bola di Desa Karangjambu, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan TMMD.

“Kami selalu bersinergi bersama masyarakat untuk mendukung TMMD, agar sukses. Bahkan, kurang lebih sudah dua minggu ini, pra TMMD juga sudah dimulai agar semua sasaran yang akan digarap TMMD bisa selesai tepat pada waktunya,” ujar Dandim Letkol Inf Andi Bagus.

Rehab RTLH

Sementara itu  sejumlah warga yang rumahnya akan dibedah oleh TNI dalam program RTLH, mengucapkan terima kasih atas bantuan material dan tenaga.

Baca Juga :  Implementasi KLA Tergantung Kondisi Tiap Daerah

“Terima kasih Pak tentara. Kami tak mengira,rumah kami akan diperbaiki,” ujar Rofiah  (35), warga RT 10/RW 04  Dusun 2 Desa Karangjambu yang sehari-harinya berjualan jajanan di  halaman Taman-kanak (TK) Karangjambu ini.(sol)