Selama Tiga Hari, Nuansa Batak Hadir di Hartono Mall

405
Acara pembukaan Misi penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di Yogyakarta. (Surya Mega/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID—Nuansa Batak yang kental hadir di Hartono Mall Yogyakarta selama 3 hari, 7-9 September 2018. Berbagai atraksi seni hingga sajian kuliner tersaji sebagai rangkaian kegiatan Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di Yogyakarta, yang diinisiasi oleh kementerian Pariwisata.

Kegiatan ini, merupakan bagian dari upaya untuk mendongkrak angka kunjungan wisata ke Sumatera Utara. Selain Jogja, kegiatan serupa digelar juga di Semarang dan Surabaya, serta promosi ke manca Negara.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh mengatakan, program ini diikuti oleh 25 sellers industri gabungan dari ASITA dan PHRI Sumatera Utara. Mereka menawarkan Destinasi Toba dihadapan 71 buyers industri dari Yogyakarta.

“Danau Toba sebagai destinasi prioritas akan terus kami promosikan sebagai destinasi pariwisata yang siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus). Untuk itu program ini juga kita gelar di Yogyakarta,” ujar Masruroh yang biasa disapa Iyung, Jumat (07/09/2018).

Baca Juga :  Polwan Blusukan ke Pasar Tradisional

Untuk Yogyakarta, program pun dibagi menjadi dua bagian. Yaitu di Hartono Mall dan Hotel Marriott Yogyakarta. Acara dimulai dari Opening Ceremony di Atrium Hartono Mall, tanggal 7 September 2018. Kemudian dilanjutkan dengan table top atau misi penjualan di Hotel Marriott Yogyakarta.

Selain itu, berbagai program menarik turut dihadirkan untuk mencuri minat pengunjung. Seperti lomba mewarnai bagi anak- anak, serta cooking class makanan khas Sumatera Utara. Ada juga direct selling di Hartono Mall 7–9 September 2018.

“Akan hadir juga artis nasional yang berasal dari Sumatera Utara, Sammy Simorangkir yang mengisi acara pada Minggu 9 September 2018. Sekaligus sebagai puncak acaranya di ground floor Hartono Mall Yogyakarta,” ungkap Iyung.

Salah satu kuliner dari Sumatera Utara, yakni kopi, ikut hadir dalam Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di Yogyakarta.(Surya Mega/koranbernas.id)

Uniknya semua itu akan dibalut dengan tampilan paviliun yang ciamik. Nuansa kental Tanah Batak akan diboyong ke Yogyakarta.

Baca Juga :  Penumpang KA Berpeluang Raih Hadiah

Rumah tradisional Toba, Sigale-gale dan juga ornament seperti motif kain songket menjadi tampilannya. Tak lupa alat musik khas Sumatera Utara, seperti Gondang Sembilan.

Ketua ASITA DIY, Sudiyanto menyambut baik misi penjualan destinasi pariwisata prioritas Danau Toba ini. Sudi mengatakan, kegiatan ini akan memberi ruang untuk bertukar promosi Pariwisata Sumatera Utara dan Yogyakarta untuk kemajuan pariwisata di dua daerah.

“Kerjasama travel agen di Sumatera Utara dan Jogja sudah terjalin sejak lama. Kini akses juga semakin mudah dengan adanya direct flight Jogja – Medan,” ujarnya.

Diharapkan dengan diadakannya Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba, branding positioning Danau Toba dapat semakin menguat sebagai salah satu destinasi prioritas di Indonesia, dan mampu menggerakkan motivasi perjalanan wisata dari segenap potensi pasar wisatawan di berbagai daerah ke destinasi Toba.(SM)