Selamatkan Padi yang Terancam Mati

Petani Andalkan Sumur Patok

73
Dengan mesin diesel, petani mengandalkan sumur patok untuk mengairi sawahnya. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Musim kemarau berdampak pada aktivitas petani di Desa Knaiban Kecamatan Juwiring Klaten. Mengapa tidak? Karena air di desa ini sulit diperoleh.

Jika tidak ada air maka petani terancam tidak bisa tanam padi. Sementara padi yang sudah ditanam terancam mati karena ketiadaan air irigasi.

Untuk menyelamatkan tanam padi yang sudah telanjur ditanam para petani mengandalkan sumur patok yang ada di sawah. Dengan menggunakan mesin pompa air dan selang, mereka berjam-berjam mengoncori lahan agar teraliri air semua.

“Kalau tidak dioncori tidak ada air. Tanaman yang baru ditanam bisa mati kekeringan. Bahkan buat menanam saja tetap butuh air,” kata Joni, petani penggarap di Desa Knaiban, Jumat (31/08/2018).

Baca Juga :  Narkoba No, Ndhog Asin Yes!

Dia menceritakan, saluran irigasi di kawasan itu tidak ada airnya. Untuk mengairi sawah seluas satu hektar butuh waktu 8 hingga 10 jam, padahal tidak semua petani memiliki mesin pompa air.

Solusinya, petani terpaksa menyewa pompa air atau meminjam milik kelompok tani. “Harus sewa. Sebab kami tidak punya pompa air. Hanya saja yang harus ditanggung bahan bakarnya,” ujar Joni.

Kepala Desa Knaiban Bagus Handoko mengakui, sebenarnya kekeringan itu sebagai akibat dari kehadiran PT Tirta Investama yang memproduksi air minum kemasan di Desa Wangen Kecamatan Polanharjo.

“Dulu sebelum Aqua hadir tidak ada masalah air di wilayah kami. Tetapi setelah Aqua ngebor dan nyedot air, irigasi di sini kering semua,” kata Bagus.

Baca Juga :  Akhirnya, Lab Peninggalan Warga Jepang Ini Diperhatikan

Untuk menyelematkan tanaman padi, petani mengoncori sawah dengan pompa air lewat sumur patok. Jika tidak dilakukan maka lahan pertanian kering dan tidak dapat ditanami padi.

Desa Knaiban dikenal sebagai kawasan pertanian dengan andalan tanaman padi. Hanya saja beberapa tahun terakhir ada masalah air dan saluran irigasi kering semua saat musim kemarau. (sol)