Seleksi Pendidikan Polri Dijamin Bersih

241

KORANBERNAS.ID — Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Condrokirono meyakinkan masyarakat bila seleksi penerimaaan calon peserta pendidikan Polri bersih. Hal itu sesuai dengan prinsip Polri untuk mendapatkan anggotanya melalui seleksi yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

“Penentu keberhasilan mengikuti seleksi, ada pada calon peserta pendidikan. Karena itu sebelum mengikuti seleksi diperlukan pembinaan dan pelatihan,” ujar Condrokirono dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Polda Jateng dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen di Kebumen, Jumat (29/09/2017). Nota kesepahaman yang ditandatangani Kapolda Jateng dan Bupati Kebumen HM Yahya Fuad untuk program pembinaan dan pelatihan calon peserta pendidikan Polri tahun 2018.

Kapolda mengungkapkan, hasil seleksi setiap tahapan langsung dibuka dan diketahui calon peserta. Misalnya hasil seleksi kesehatan, administrasi, akademik dan psikotest. Tranparansi hasil seleksi di setiap tahapan, salah satu wujud transparansi dalam seleksi calon peserta pendidikan Polri.

Baca Juga :  Hari Pertama, Belum Ada Parpol Daftar ke KPU

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti mengatakan, dalam program pembinaan dan pelatihan yang diselenggarakan Polres Kebumen tersebut, pembiayaan dibebankan pada anggaran Pemkab Kebumen. Pembinaan dan pelatihan calon peserta pendidikan Polri tahun 2018 asal Kebumen, baru bisa diperuntukkan bagi 50 orang peserta.

“Tahun anggaran 2018, diharapkan Pemkab Kebumen menambah anggaran, sehingga pesertanya bisa menjadi 100 orang,” jelasnya. (yve)