Seleksi Perangkat Desa tanpa Intervensi

250
Kepala Desa Mireng Sunu Hadi Susanto (kanan) melantik lima perangkat desa yang baru di aula kantor kepala desa setempat. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sejumlah lima orang perangkat Desa Mireng Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten hasil seleksi Minggu (29/04/2018) akhirnya dilantik, Jumat (04/05/2018). Pelantikan yang berlangsung di aula Kantor Kepala Desa Mireng dipimpin Kades Sunu Hadi Susanto.

Mereka yang dilantik adalah Sri Satini untuk menduduki Kaur Tata Usaha dan Umum, Adelia Fina Hapsari (Kaur Keuangan), Heni Purnamasari (Kasi Pemerintahan), Fadila Ulva Efendi (Kasi Kesejahteraan dan Pelayanan) dan Wahid Hasyim sebagai Kadus II.

Dalam sambutannya, Kades Sunu Hadi Susanto mengatakan proses seleksi dan pengadaan perangkat desa dijamin transparan, akurat dan tanpa intervensi.

“Dari awal sosialisasi kami sudah katakan proses pengadaan dan seleksi sesuai aturan. Dan hasilnya akurat dan transparan,” katanya.

Baca Juga :  Dapat Pujian, UMKM Jogja Perluas Pasar e-Commerce

Perangkat desa yang dilantik itu, akan menerima penghasilan tetap dan bengkok yang luasnya sekitar 6.500 meter.

Proses pengadaan dan pengangkatan perangkat desa kali ini berbeda dengan periode sebelumnya. Bedanya karena kali ini tidak ada nilai pengabdian.

Setelah dilantik, perangkat desa yang baru diharapkan segera menyesuaikan dan bagi yang tinggal di luar wilayah Desa Mireng agar segera berdomisili di Desa Mireng.

Sebab dalam surat pernyatan yang telah ditandatangani saat mendaftar paling lambat sebulan setelah dilantik harus berdomisili di desa setempat.

Camat Trucuk Bambang Haryoko berharap perangkat desa yang telah dilantik bisa menyesuaikan diri dengan perangkat desa yang lain dan karena komposisi perangkat desa banyak wanita maka diharapkan lingkungan kantor bisa makin bersih. (sol)

Baca Juga :  Hilang Dua hari, Ditemukan Mengapung di Laut