Selesaikan Polemik Bandara dengan Musyawarah

199

KORANBERNAS.ID – Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto menyampaikan setiap pembangunan infrastruktur pada prinsipnya harus selalu diarahkan pada tujuan mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi rakyat. Prinsip tersebut seharusnya berlaku pula untuk pembangunan infrastruktur bandara di Kulonprogo.

“Pembangunan bandara harus dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, salah satunya ditandai tumbuhnya perekonomian rakyat khususnya DIY dengan diikuti peningkatan pendapatan masyarakat,” ujarnya,  Kamis (18/01/2018).

Menurut dia, proses pembangunan harus mengedepankan partisipasi masyarakat yaitu pelaksanaan pembangunan harus melibatkan masyarakat.

Politisi muda PDI Perjuangan DIY ini menilai, jika dalam proses pembangunan infrastruktur bandara di Kulonprogo ada permasalahan, itu adalah hal yang perlu mendapatkan perhatian bersama.

“Permasalahan yang timbul dalam proses pembangunan harus diselesaikan dengan cara musyawarah dan bermartabat,” kata Eko Suwanto.

Guna memperoleh titik temu dan kesepahaman dalam proses pembangunan infrastruktur bandara, Komisi A DPRD DIY merekomendasikan agar pemerintah dan Pemda DIY melakukan dialog secara intensif dengan berbagai pihak yang belum setuju pembangunan bandara.

“Ayo rembug, bicara dari hati ke hati dengan berbagai komponen masyarakat. Insya Allah dengan jalan musyawarah, semua masalah akan kita bisa selesaikan. Pendekatan persuasif insyaAllah akan manjur dengan hati. Kita akan kaji perkembangan yang ada, kita akan cari momentum yang tepat untuk mengundang pihak terkait,” paparnya.

Melalui dialog yang intensif,  lanjut Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini, diharapkan masalah ini akan selesai dan pembangunan bandara dapat diselesaikan tepat waktu. (sol)