Seluruh Anggota DPRD DIY ke Jakarta

246

KORANBERNAS.ID – Seluruh anggota DPRD DIY yang berjumlah 55 orang, termasuk unsur pimpinan, dipastikan berangkat ke Jakarta guna menghadiri undangan pelantikan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY di Istana Negara Selasa (10/10/2017) pukul 16:00.

“Yang diundang pimpinan dan seluruh anggota DPRD DIY. Kami melakukan persiapan dan segala sesuatunya kami kondisikan sebaik mungkin,” ujar Arif Noor Hartanto, Wakil Ketua DPRD DIY, di Press Room DPRD DIY, Senin petang.

Menurut dia, pihaknya sangat mengapresiasi pemerintah pusat yang mengundang DPRD DIY menghadiri acara pelantikan di Jakarta. Ini merupakan bentuk penghormatan kepada sesama unsur penyelenggara pemerintahan di daerah.

“Mudah-mudahan pelaksanaan pelantikan itu berjalan lancar dan bagus. Hal-hal lain seperti pidato akan diputuskan kemudian,” ungkapnya.

Anggota dewan yang akrab disapa Inung ini menyatakan, pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Wakil Gubernur DIY Paku Alam X masa jabatan 2017-2022 merupakan wewenang pemerintah pusat.

Dia pun mengapresiasi langkah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mengambil waktu hari terakhir periode masa jabatan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY sebelumnya.

“Saya mengapresiasi langkah pemerintah pusat walaupun mohon maaf terasa kurang temata dan terencana. Tapi mengambil titik 10 Oktober ini jauh lebih baik daripada mundur (16 Oktober),” tandasnya.

Seperti diketahui, Senin (09/10/2017) pagi, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, Sumarsono, mengadakan pertemuan dengan jajaran Sekretariat Daerah (Setda) DIY serta DPRD DIY.

Usai pertemuan yang berlangsung tertutup itu, kepada wartawan Sumarsono mengatakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY dipastikan 16 Oktober 2017.

Hanya dalam hitungan jam, keputusan itu berubah. Melalui telepon, Jakarta menginformasikan pelantikan dilaksanakan Selasa 10 Oktober 2017. Jajaran pejabat Setda DIY pun grobyakan. (sol)