Seluruh SD Wajib Memberlakukan Kurtilas

315

KORANBERNAS.ID–Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten mewajibkan seluruh SD yang ada memberlakukan kurikulum 2013 (kurtilas) pada tahun pelajaran 2018/2019. Sebab kurtilas telah di luncurkan pada tahun 2013.

“Sebenarnya kurtilas sudah dilaunching tahun 2013 oleh Kementerian Pendidikan di Bayat. Kebetulan waktu itu yang datang langsung Sekretaris (Sekjen),”kata Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Klaten Wahyu Sugiharjp, Rabu (15/08/2018).

Dia menambahkan untuk efektifnya pelaksanaan kurtilas di seluruh sekolah telah dilakukan pembinaan dan pembekalan kepada tenaga pendidik.

Karenanya kata mantan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Jogonalan itu tidak ada kata tidak siap oleh pihak sekolah.

“Sekolah harus siap karena sudah dibekali dan diberi pembinaan. Kurtilas merupakan programnya pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air,” jelas Wahyu.

Baca Juga :  Pendidikan Inklusi Masih Terhambat

Untuk pelaksanaan kurtilas pada jenjang pendidikan SD di wilayahnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten juga telah mempersiapkan data sekolah, tenaga pendidik dan pengawas sekolah.

Ketika ditanya apakah ada kendala di lapangan  mengapa kurtilas di Kabupaten Klaten terkesan lambat diberlakukan karena launchingnya pada tahun 2013? Wahyu Sugiharjo menjawab tidak ada. Namun kata dia, agar program itu bisa berjalan efektif tentu ada persiapan-persiapan yang harus dilengkapi. Sebab sebelumnya masih ada sekolah yang memberlakukan kurikulum KTSP.

Sementara itu, Kepala SD Negeri Majegan 3 Tulung Eny Budiarsih, S.Pd mengatakan di sekolah yang dia pimpin sudah memberlakukan kurikulum 2013 untuk kelas 1 dam kelas 4 saja. (SM)