Semangat Keberagaman Digelorakan di Wonosobo

316

KORANBERNAS.ID — Semangat Keberagaman terus digelorakan di tengah Tahun Politik yang saat ini sedang berlangsung. Kalimat tersebut juga menjadi tema Forum Temu Kebangsaan yang diselenggarakan DPRD Jawa Tengah pada Minggu (28/01/2018) di Wonosobo.

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi menggelorakan “Semangat Keberagaman” saat memberikan sambutan dalam bentuk orasi Kebangsaan sebelum mengibarkan bendera start jalan sehat yang diikuti oleh ribuan peserta di alun-alun Wonosobo.

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo ikut jalan sehat di Wonosobo dalam event Tema Kebangsaan yang bertema Semangat Kebersamaan, Minggu (28/01/2018). (istimewa)

“Di tengah banyaknya pemilihan dalam pesta demokrasi bangsa, baik dalam Pilkada Serentak, selain itu beririsan dengan Pileg serta Pilpres, maka kami mengajak semua komponen bangsa ditengah keberagaman itu kita harus tetap bersatu. Ada kebersamaan diantara kita,” tegas Rukma Setyabudi yang juga legislator PDI Perjuangan itu.

Tahun Politik ini berlangsung dengan digelarnya pesta demokrasi bangsa untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta pemilihan kepala daerah di tujuh tempat yaitu di Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, dan Kota Tegal. Puncak Pilkada serentak ini bakal berlangsung 27 Juni 2018.

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo ikut jalan sehat bersama peserta Temu Kebangsaan, ditengah sejuknya kota Wonosobo dan pemandangan yang indah, Minggu (28/01/2018). (istimewa)

Sementara proses Pilkada Serentak 2018 sedang berlangsung dalam proses tahapannya, dalam waktu yang sama juga berjalan atau beririsan dengan tahapan dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden yang bakal diselenggarakan 17 April tahun 2019. Di tengah hiruk pikuknya di tengah berbagai pemilihan ini kondusivitas harus dijaga.

Untuk itu demi persatuan dan kesatuan berbagai komponen bangsa telah memantik inisiasi DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk menggelar silaturahmi seluruh komponen masyarakat, aktivitas ini sudag digelar sejak tahun lalu. Dibingkai dalam event Temu Kebangsaan dengan mengangkat berbagai tema, yaitu bertempat di Candi Borobudur, Magelang, di Purworejo, dan Wonosobo.

Rukma Setyabudi juga mengemukakan, pentingnya digelar temu kebangsaan ini untuk menjalin semangat kebersamaan dalam keberagaman semua elemen warga masyarakat. Dengan bersatu maka Indonesia akan semakin kuat dan maju. Meskipun masyarakat terdiri dari beragam agama, suku, ras, dan lainnya, tetapi selalu hidup rukun, damai, dan saling menghormati.

Baca Juga :  Menangkan Jokowi-Ma'ruf Amin Secara Bermartabat

“Tema yang diambil semangat kebersamaan bagi kami sangat tepat. Bagaimanapun bangsa ini berdiri dan bertahan sampai sekarang ini karena semangat kebersamaan. Terlebih lagi acara itu untuk memberikan pesan kepada anak-anak supaya terus memupuk semangat kebersamaan,” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa dengan agenda jalan santai yang melibatkan masyarakat bersama para pejabat itu, diharapkan kebersamaan dan kerukunan senantiasa terjaga. Para pemangku kepentingan paham mengenai apa yang dibutuhkan rakyat.

“Kita atau siapapun yang jadi pejabat menjadi lebih dekat dengan masyarakat, sehingga bisa mengayomi dan menjaga ketenteraman bersama,” tuturnya.

Komitmen bersama tersebut adalah menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI. Dengan kegiatan jalan santai tersebut, dia berharap persatuan dalam keberagaman tersebut bisa tercapai.

“Komitmen kita bersama menjaga Pancasila, NKRI harga mati, kita bersama untuk berjalan santai, kebersamaan itu menjadi seterusnya. Apa yang diinginkan oleh rakyat kita lebih dekat,” pungkasnya.

Ia juga berharap, dalam acara yang dibalut dengan kegiatan olahraga yakni jalan sehat, masyarakat yang hadir harus ikut bersemangat. Karena, Semangat Keberagaman yang berbasis olahraga itu mampu menyatukan perbedaan di semua lapisan masyarakat.

“Dengan jalan sehat ini, kita sama-sama berharap semua yang hadir menjadi sehat untuk membangun Jateng sehingga semua bisa sejahtera,” harapnya.

Olahraga Menyatukan Perbedaan

Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi mengibarkan bendar start dimulainya jalan sehat dengan start dan finish di alun-alun Wonosobo, Minggu (28/01/2018). (istimewa)

Sementara, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga ikut menyemangati masyarakat yang hadir di alun-alun Wonosobo itu. Dalam orasi kebangsaan, ia mengatakan kegiatan olahraga mampu menyatukan semua perbedaan.

“Saya bangga dengan Pak Rukma yang telah berkeliling menggelar Temu Kebangsaan dengan basis olahraga. Saya juga bahagia karena acaranya digelar di Wonosobo dengan iklim sejuknya,” kata Gubernur sambil tersenyum.

Ia juga mengatakan Kabupaten Wonosobo punya tempat-tempat yang indah dan kuliner khas yakni carica. Dengan potensi itu, semua pihak harus mampu merawat dan memeliharanya.

“Semua yang hadir yakni kepala dinas, anggota dewan, BUMD, dan lainnya, ayo terus gelar kegiatan olahraga agar selalu sehat, selalu rukun,” kata Ganjar yang juga politikus PDI Perjuangan itu.

Baca Juga :  Pengunjung Bisa Praktik Mengolah Biourine

Usai melakukan sambutan dan orasi kebangsaan, Rukma bersama Ganjar mengibarkan bendera start bagi ribuan peserta jalan sehat. Masyarakat Wonosobo tampak antusias mengikuti jalan sehat itu.

Banyak hadiah doorprize yang disuguhkan bagi masyarakat yang mengikuti jalan sehat diantaranya sejumlah barang elektronik dan grandprize 2 unit sepeda motor matic. Selain kegiatan jalan sehat, masyarakat juga dihibur dengan penampilan OM Serata dan artis NDX Aka Familia serta Susi Ngapak.

Untuk diketahui, kegiatan Forum Temu Kebangsaan dengan tema Semangat Keberagaman itu dihadiri pula Sekretaris DPRD Jateng Ign. Indra Surya, Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Forkompinda tingkat Jateng dan Kabupaten Wonosobo, sejumlah kepala SKPD, serta jajaran direksi BUMD.

Tidak hanya itu, ratusan aparatur pegawai sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov, Sekretariat DPRD Jateng, dan Pemkab Wonosobo ikut meramaikan kegiatan jalan sehat yang dimulai dan berakhir di alun-alun Kabupaten Wonosobo.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersama masyarakat berolahraga di Wonosbo, Minggu (28/01/2018). menyatakan bahwa dengan olahraga bisa menyatukan perbedaan. (istimewa)

Di event sebelumnya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Tengah (Jateng) bersama DPRD, jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan tokoh masyarakat akan menyatukan tekat menandatangani deklarasi kebangsaan di Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Minggu (12/11/2017).

Pada waktu itu Rukma Setya Budi, membacakan teks deklarasi. Setelah itu, dilanjutkan tanda tangan bersama pada kain sepanjang 10 meter. Ada sekitar 5.000 peserta yang menghadiri acara ini.

Temu Kebangsaan yang berkelanjutan ini tujuannya untuk menyatukan kembali tekat cinta Tanah Air. Mengingat akhir-akhir ini banyak terjadi tindakan radikalisme dan terorisme di beberapa daerah yang dinilai dapat mengganggu kestabilan keamanan. Harus ada upaya antisipasi.

Rukma menegaskan, forum strategis ini dapat menjadi alat mempertemukan berbagai pihak dalam rangka menjalin persatuan dalam keberagaman demi menjaga keutuhan NKRI.(adv)