Semoga Jadi Amal Kebaikan di Akhirat Kelak

345
Arif Sudarmanto, menyerahkan sertifikat kepada keluarga Kiai Azis Saleh, Kamis (07/12/2017).

KORANBERNAS.ID — Ny Azis Saleh tidak bisa menahan haru tatkala menerima bantuan dari DPRD DIY yang diserahkan oleh H Sukamto SH, Kamis (07/12/2017). Begitu pula suaminya, Kiai Moh Azis Saleh yang menderita sakit stroke dan duduk di kursi roda.

Di rumahnya kawasan Dusun Temonan RW 01 Desa Bendungan Wates Kulonprogo, sore itu Ny Azis menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengentaskan keluarganya dari kesulitan yang dialami selama ini.

“Semoga menjadi amal kebaikan di akhirat kelak,” ujarnya. Dia pun tidak bisa menahan air mata meleleh di pipinya, di hadapan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kulonprogo, Arif Sudarmanto, mewakili Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo serta dari Polres dan Kodim maupun pihak kecamatan, kelurahan dan dukuh setempat.

Moh Azis Saleh, pensiunan Dinas Perhubungan (Dishub) itu mengalami sakit stroke. Penderitaannya terasa makin bertambah sebab rumahnya akan disita oleh bank, akhir November silam.

H Sukamto SH didampingi  anggota DPRD Kulonprogo memberikan keterangan pers di sela-sela menyerahkan bantuan DPRD DIY.

Sebagai bentuk solidaritas sekaligus sebagai ladang beramal saleh, Sukamto langsung tergerak hatinya. Dia memprovokasi  rekan-rekannya untuk membantu, termasuk mengajak pula sejumlah pejabat Pemda DIY. Di luar dugaan, mereka secara sukarela memberikan bantuan.

Baca Juga :  Dukungan untuk Gubernur NTB ke Panggung Nasional Muncul di Jogja

Berkat uluran tangan dari sejumlah pihak dan para donatur, akhirnya terkumpul sejumlah lebih dari Rp 100 juta. Sertifikat rumahnya pun bisa kembali. Artinya, rumahnya tidak jadi disita oleh bank.

Setidaknya, kini keluarga itu merasa lega bisa terlepas dari belitan kondisi keuangan. Hadir pula dalam kesempatan itu Ketua PCNU Wates, Kiai Muhammad Wasuludin.

Kepada wartawan, Sukamto mengatakan, dirinya tersentuh dengan penderitaan Azis Saleh kemudian bersilaturahmi, beberapa waktu lalu. Setelah berembug dengan banyak pihak sekaligus pihak bank, kehadirannya kali ini selain untuk menyerahkan bantuan juga mendoakan Azis Saleh supaya segera sehat dan pulih kembali.

Mewaliki pimpinan DPRD DIY, anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyampaikan dirinya ibarat hanya menjadi dalang. Ini semua dia lakukan dengan alasan kemanusiaan dan sema sekali tanpa pretensi politik. “Saya provokatornya. Alhamdulillah semua rida,” ungkap anggota DPRD DIY tiga periode ini.

Baca Juga :  Sejumlah 41 Senjata Api Milik Polisi Terpaksa Ditarik

Didampingi anggota DPRD Kulonprogo dari PKB, Nur Eni Rahayu, Suharto dan Titik Wijayanti, lebih  lanjut Sukamto menyampaikan, yang dia lakukan semata-mata untuk program sosial kemanusiaan.

“Sama sekali tidak ada unsur politik. Saya tidak mohon doa restu, saya hanya memohon doa restu agar Pak Muhaimin (Cak Imin) menjadi Wapres. Saya tegaskan ini program kemanusiaan. Tidak ada latar belakang politik. Bantuan sosial murni. Kami wajib membantu meski tidak bisa semuanya kami bantu,” kata dia.

Pada prinsipnya, program bantuan kemanusiaan seperti itu akan dia teruskan bersama-sama semua pihak yang peduli. Masih banyak warga yang mengalami musibah seperti halnya Azis Saleh.

“Program ini khusus bantuan kemanusiaan dam akan kami teruskan. Kami siap membantu kesulitan warga sesuai dengan kekuatan kami,” ungkap Sukamto.

Sedangkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kulonprogo, Arif Sudarmanto, menyatakan Pemkab Kulonprogo memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah peduli.  (sol)