Sempat Menghilang, Gobak Sodor Ikut Ramaikan HUT Temanggung

325
Ibu-ibu ikut meramaikan pertandingan Gobag Sodor memeriahkan HUT ke-183 Kabupaten Temanggung. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Ibu-ibu warga Kabupaten Temanggung,meramaikan permainan tradisional Gobak Sodor  yang diadakan oleh Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kabupaten Temanggung di Lapangan Sidorejo Maron Temanggung.Minggu (01/10/2017)

Sri Mardiningsih Ketua Perwosi Kabupaten Temanggung ketika ditemui, Senin (02/10/2017) mengatakan, jumlah peserta mencapai empat puluh kelompok. Lomba Gobak Sodor tingkat Kabupaten Temanggung 2017 ini sebagai salah satu rangkaian acara HUT ke-183 Kabupaten Temanggung.

Diungkapkan, lomba tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap permainan tradisional dan sekaligus olahraga khususnya kepada seluruh wanita yang ada di Temanggung ini, serta dapat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga.

Menurutnya, permainan ketangkasan dan kerja sama kelompok itu sempat menghilang dalam beberapa tahun belakangan. Untuk itu panitia menyiasatinya dan melestarikan kembali permainan tradisional tersebut dengan menggelar lomba Gobak Sodor tingkat kabupaten.

Baca Juga :  UNBK SMP Negeri 3 Ngendon Numpang di SMAN Negeri 1

“Gobak Sodor yang juga disebut Galah Asin atau Galasin adalah permainan tradisional yang mengandalkan dua kelompok yang sedang bertanding dalam menghadang lawan. Satu kelompok menjadi penghadang, sementara kelompok lawan sebagai penerobos yang berusaha masuk ke garis-garis yang dijaga oleh kelompok penghadang,” ujarnya.

Kemenangan akan diraih jika salah satu dari anggota kelompok berhasil mengecoh penghadang dan melintasi garis hingga paling belakang dan kemudian kembali ke posisi semula di bagian depan.

Sistem permainan yang dijalankan dalam permainan dipimpin oleh dua wasit dan dibantu oleh empat hakim garis. Wasit dan hakim garis akan mengawasi apakah kelompok penjaga dan kelompok penerobos melakukan pelanggaran dalam permainan itu. (SM)

Baca Juga :  Empat Perwira Duduki Jabatan Baru