Pamer, Seniman Jogja Diboyong Australia

121
Wakil Kepala Dinas Kebudayan DIY, Singgih Rahardjo bersama dengan perwakilan dari MSO di Kompleks Kepatihan, Kamis (13/9/201). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas,id)

KORANBERNAS.ID — Sekitar 30 seniman asal Jogja mendapatkan kesempatan menarik untuk tampil bareng dengan seniman Australia dalam konser musik klasik di Taman Budaya, Sabtu (13/9/2018). Mereka akan berkolaborasi dengan 12 seniman musik dari Melbourne Simphony Orchestra (MSO).

“Konser nanti merupakan kerjasama tahun ketiga antara pemerintah diy dengan pemerintah victoria dalam mengembangkan seni musik klasik,” papar Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Singgih Rahardjo disela audensi seniman MSO dengan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X di Kompleks Kepatihan, Kamis (13/9/2018).

Menurut Singgih, pihaknya membuka pendaftaran bagi para seniman yang ingin terlibat dalam konser nanti. Mereka akan diseleksi dan ikut program Youth Camp sebelum tampil.

Baca Juga :  Garis Polisi Terpasang di Lokasi Pabrik yang Cemari Sungai

Seleksi diperuntukkan bagi seniman musik klasik usia 15 hingga 25 tahun. Selain kolaborasi konser, nantinya akan dipilih seniman-seniman terbaik yang akan dipilih untuk ikut magang ke Melbourne, Australia.

“Tahun lalu ada dua seniman Jogja yang ikut magang di Melbourne, diharapkan tahun ini juga ada,” jelasnya.

Sementara Managing Director MSO, Shopie Galaise mengungkapkan ketertarikannya berkolaborasi dengan seniman asal DIY. Sebagai kota budaya, DIY dinilai memiliki seniman-seniman terbaik.

“Kami akan berkolaborasi musik klasik dengan seniman-seniman muda jogja dalam beberapa reportoar,’ imbuhnya. (yve)