Sensasi Nikmatnya Makan di Pinggir Sawah

677
Suasana warung Pak Lanjar yang ada dipinggir sawah, Selasa (20/03/2018).(nila jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Wisata Kuliner kini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan, wisata kuliner kini banyak dicari dan menjadi salah satu tujuan utama seseorang dalam berlibur ke suatu daerah. Tak jarang kini di banyak kota memiliki banyak tempat makan khas yang menjadi favorit wisatawan.

Kabupaten Sleman kini juga menawarkan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi baik itu wisata alam maupun wisata kuliner. Aneka usaha kuliner di Sleman tumbuh dengan cepat karena melihat pasar yang semakin luas. Tempat dan menu kuliner yang ada dikemas dengan menarik dan lezat sehingga membuat makanan itu memiliki daya pikat yang tinggi untuk penggemarnya.

Kuliner Warung Pak Lanjar yang berlokasi di Dusun Banteran Desa Sinduharjo Ngaglik Sleman menjadi salah satu kuliner yang meramaikan di Sleman dengan menu khasnya Nasi Goreng Pak Lanjar dan Mie Goreng Pak Lanjar.
Nama Warung Pak Lanjar diambil dari nama sang pemilik yang memiliki nama lengkap Sulandjarno.

Pak Lanjar panggilannya, dulu merupakan seorang chef, ia sempat menjadi chef di Hotel Hilton dan Hotel Shantika. Bekal memasak yang ia miliki kini digunakan membuat usaha warung makan yang diberi nuansa pedesaan.

Pak Lanjar menceriterakan awal mulanya mendirikan warung di kampung halamannya karena hobi jalan pagi menyusuri sawah dan melihat warga setempat baik anak muda, ibu-ibu bahkan anak yatim piatu yang tidak memiliki pekerjaan.

“Dengan membuka warung saya bisa membantu mereka memberikan lapangan pekerjaan. Dan dua tahun berjalan sekarang ini saya sudah memiliki tenaga kerja 29 orang,” kata Lanjar, Selasa (20/03/2018).

Menu ayam goreng warung Pak Lanjar.(nila jalasutra/koranbernas.id)

Warung Makan Pak Lanjar yang terletak disebuah desa dengan pemandangan hamparan sawah hijau di sekitar warung. Suasana tenang, nyaman, sejuk khas alam pedesaan membuat Warung Pak Lanjar menyenangkan untuk menikmati hidangan sederhana ala rumahan dengan rasa istimewa.

Dua tahun berjalan warung Pak Lanjar berkembang pesat setiap hari lebih 200 orang mengunjungi warungnya. Sedang untuk pesanan dibungkus bisa capai 100 bungkus tiap hari.

Warung Pak Lanjar menyediakan aneka menu makanan dan minuman, antara lain Nasi Goreng Pak Lanjar, Rica-rica Ayam, Bakmie Goreng/Godog, Capcay, Nila Goreng, Wader Goreng, Lodeh, Roti Bakar, Pisang Bakar. Dan aneka minuman termasuk minum kopi yang disajikan mulai dari bentuk biji hingga jadi minuman kopi.

Memasuki arah ke warung Pak Lanjar kanan kiri hamparan sawah yang hijau dan sejuk, menikmati makanan di area pedesaan membuat semakin nyaman saat berkumpul bersama orang-orang terdekat. Bagi pengunjung yang membawa anak jangan khawatir sikecil akan bosa, karena disediakan ayunan untuk sekedar bermain-main melepas bosan. Bagi semua pengunjung Warung Pak Lanjar juga menyediakan fasilitas karaoke yang bisa digunakan siapapun dan itu gratis.

Menu makanan di warung Pak Lanjar menurut Dian yang sangat nikmat baginya adalah rica-rica ayam, bumbu yang pas dengan nasi yang masih panas membuat selera makan saya meningkat. Santan yang pas dan bumbu yang pas membuat siapa saja senang menikmati hidangan ini.(yve)