Seperti Ini Kondisi Jalan Cokro-Daleman yang Rusak

412
Jalan Cokro-Daleman Tulung Klaten yang selesai awal Desember 2017 sudah rusak di sejumlah lokasi. (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Ruas Jalan Cokro-Daleman Kecamatan Tulung Klaten yang selesai dibangun awal Desember 2017 sudah rusak.

Tidak diketahui penyebab kerusakan apakah akibat kualitas yang rendah atau karena faktor sering dilalui truk pengangkut produk air mineral kemasan. Namun kerusakan itu sangat mengganggu kenyamanan berlalu lintas. Apalagi kerusakan terjadi di sejumlah titik.

Informasi dari warga Desa Daleman, kerusakan jalan tersebut sudah terjadi pada pertengahan Januari 2018. Terutama di kawasan dekat perempatan Jalan Jatinom-Boyolali Desa Daleman Tulung.

Kondisi jalan yang rusak lainnya yakni di kawasan persawahan dekat pangkalan truk trailer pengangkut air mineral di sepanjang Jalan Cokro-Daleman.

“Banyak yang berlubang. Padahal jalan ini selesai dibangun awal Desember 2017,” kata Joko, warga Daleman.

Ruas Jalan Cokro-Daleman memang lebih rendah dibanding areal persawahan warga yang ada di kanan kiri. Jika hujan deras turun ruas jalan pasti banjir.

Pembangunan ruas Jalan Cokro-Daleman pada 2017 didanai DAK (Dana Alokasi Khusus) senilai Rp 6,1 miliar. Proyek tersebut digarap PT Karyajati Tata Mandiri (KTM) Surakarta dan selesai awal Desember 2017. Belum genap dua bulan proyek itu selesai dibangun namun kerusakan telah terjadi di mana-mana.

Pelaksana tugas (Plt) Kabid Bina Marga DPU Penataan Ruang Klaten, Suryanto, mengatakan pihaknya sudah melayangkan surat ke seluruh penyedia jasa dam pengawas proyek 2017 yang garapannya rusak.

Surat tersebut dikirimkan karena penyedia jasa masih punya tanggung jawab untuk memperbaiki di masa pemeliharaan.

“Surat sudah kami kirim pada awal Januari 2018. Surat dikirim kepada penyedia jasa dan pengawasnya. Mereka punya tanggung jawab untuk memperbaiki dimasa pemeliharaan,” ujarnya.

Proyek jalan di Kabupaten Klaten yang digarap pada akhir 2017 sudah banyak yang rusak. Seperti ruas Jalan Wedi-Bayat, Paket Jalan Cokro-Sudimoro Tulung, Jalan Cokro-Daleman, Jalan Karanganom-Jatinom serta Jalan Jatinom-Pasar Gabus Jatinom. (sol)