Serem, Begini Suasana Dusun Sompok Usai Diterjang Banjir

410
Salah satu rumah warga di Dusun Sompok yang hancur akibat banjir. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Usai diterjang banjir Selasa (29/11/2017) silam suasana Dusun Sompok Sriharjo Imogiri Bantul masih terlihat serem. Bekas-bekas banjir itu menjadi saksi betapa dahsyatnya aliran air sungai Oya yang menyapu kawasan dusun tersebut maupun dusun-dusun di sekitarnya.

Selain ada rumah yang hanyut dan hilang entah ke mana dibawa arus air, pada tembok-tembok rumah warga tampak masih terlihat bekas permukaan air banjir. Hingga Jumat (01/12/2017) material berupa kayu dan pohon-pohon sebagian masih terlihat lintang pukang di tepi jalan.

Selain itu, sebelum masuk dusun itu juga terdapat dua batu besar di pinggir jalan, menggelundung dari atas perbukitan akibat longsor. Beberapa tembok pagar juga jebol dan ambruk.

Baca Juga :  Jaga Keutuhan Bangsa, Pers Punya Peran Strategis

Sementara, tepian sungai juga dhadal dan lebar sungai menjadi bertambah lebar disertai pohon-pohon yang ambruk, sebagian lagi hanyut terbawa arus.

Lumpur sisa banjir masih menutupi wilayah Dusun Sompok Imogiri Bantul. (istimewa)

Dukuh Sompak, Hardono, kepada wartawan mengakui banjir sekarang ini memang sangat besar. Seingat dia, dan juga beberapa warga setempat masih mengingatnya, banjir serupa pernah terjadi 30 tahun silam namun tidak sebesar sekarang ini.

Saat kejadian, begitu mengetahui terjadi banjir warga langsung berbondong-bondong menyelamatkan diri ke arah perbukitan. “Pertama-tama warga menyelamatkan ternak sapi dan kambing,” kata dia. Ternak itu dibawa naik ke perbukitan melalui jalan pintas.

Saat ini di lokasi tersebut banyak relawan turun membantu warga membersihkan sisa-sisa material dan lumpur akibat banjir. SDN Sompok Imogiri dijadikan sebagai Posko penerimaan bantuan dan juga pusat aktivitas sebagian relawan.

Baca Juga :  Mayat Bayi Terombang-ambing Ombak Parangtritis

Menurut Hardono yang rumahnya juga sempat terendam air lebih dari satu meter, saat kejadian warganya lebih dari 300 kepala keluarga (KK) mengungsi.

Tak ketinggalan, warga dusun sekitarnya yaitu Tepos, Ngrancah dan Pengkol juga menyelamatkan diri. Total di Dusun Sompok ada 99 rumah terendam, termasuk satu Taman-kanak-kanak (TK) dan masjid. (sol)