Sesekali Ajak Anak-anak Nonton Wayang

252

KORANBERNAS.ID – Ada baiknya sesekali anak-anak perlu diajak menonton pergelaran wayang kulit. Dengan menyaksikan secara langsung, mereka akan memiliki kenangan dan ingatan itu terekam sampai mereka dewasa kelak.

Secara tidak langsung, ajakan tersebut disampaikan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Gamping Sleman, Rasyid Ratnadi, begitu menyaksikan banyaknya anak-anak usia sekolah dasar (SD) maupun balita bersama orangtuanya datang menonton pertunjukan wayang kulit.

“Untuk anak-anak, pergelaran wayang kulit ini baik, karena kekayaan budaya merupakan ujung tombak Yogyakarta dan bangsa,“ ungkapnya, Rabu (20/09/2017) malam, saat menghadiri pergelaran wayang kulit semalam suntuk di RW 09 Kwarasan Nogotirto Gamping Sleman.

Baginya, menanamkan kecintaan terhadap budaya sejak dini, terutama bagi anak-anak yang lahir di era digital, sangat penting mengingat bangsa-bangsa lain sekarang ini justru mempelajari seni kerawitan dan pedalangan.

Setelah belajar di Jawa, tidak sedikit orang luar negeri justru mahir menguasai seni karawitan dan pedalangan. “Di youtube malah ada dari mancanegara bisa berbahasa Jawa dan dialog dengan dalang,” ujarnya mencontohkan.

Rasyid merasa gembira dan secara khusus mengapresiasi semangat warga RW 09 Kwarasan yang menggelar acara tersebut. Inilah sarana silaturahmi dan juga bentuk kepedulian terhadap pelestarian budaya Jawa. Dia ingin kegiatan positif warga RW 09 Kwarasan bisa menular ke RW lainnya.

Pergelaran wayang kulit semalam suntuk di Joglo Anton Sanjaya malam itu menampilkan dalang Ki Mas Lurah Cermo Radyo Harsono dari Muntilan Jawa Tengah. Dia membawakan lakon Sesaji Raja Suya.(sol)