Setelah Menikah, Pengantin di Dusun Ini Wajib Tanam Pohon

424
Pasangan pengantin menanam pohon di pinggir jalan Dusun Cawan, Desa Argodadi, Senin (9/04/2018) disaksikan Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin dan Panit I Binmas Iptu Agus Supraja SH. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORNBERNAS.ID— Pasangan Dede Iskandar dan Putri Pranestuti yang melangsungkan pernikahan di Dusun Cawan, Desa Argodadi pantas berbahagia, Senin (9/04/2018). Sebab pernikahan mereka dihadiri Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin dan Panit I Binmas Iptu Agus Supraja SH beserta Bhabin Desa Argodadi Aiptu Bariyadi.

Kedatangan orang nomor satu di Kecamatan Sedayu guna menyaksikan secara langsung penanaman pohon oleh pasangan pengantin tersebut. Ada tiga pohon pucuk merah yang ditanam, satu oleh Dukuh Cawan Kartiyo dan dua pohon oleh Dede dan Putri.

“Penanaman pohon ini adalah yang pertama oleh pasangan pengantin. Diharapkan ini menjadi tradisi di Cawan,” kata Kartiyo.

Hal ini menurutnya berbeda dengan kegiatan pengantin di pedukuhan lain yakni tebar benih ikan ke Sungai.

“Karena kalau disini tidak ada sungai, adapun wilayah Kulonprogo maka kami melakukan kegiatan tanam pohon,” ujarnya.

Sementara Dede Iskandar mengatakan mendukung kegiatan penanaman pohon

“Saya rasa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan. Ketika ini menjadi sebuah tradisi tentu positif sekali,” katanya.

Camat Fauzan mengatakan alam yang lestari menjadi warisan tidak ternilai bagi generasi mendatang.

“Untuk itulah kegiatan seperti ini layak kita apresiasi dan bisa ditiru di tempat lain,” tandasnya.

Di Sedayu selain menanam pohon,pengantin yang baru menikah juga dihimbau menebar benih ikan di sungai lingkungan masing-masing. Nantinya ikan ketika besar bisa dipancing sebagai sarana hiburan, berkumpul dengan warga lainnya serta meningkatkan gizi masyarakat. (yve)