Siap-Siap, Sleman Bangun 13 Perumahan Baru

350
Bupati Sleman Sri Purnomo(kanan) menyerahkan berita acara verifikasi pembangunan perumahan, Selasa (26/09/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ada kabar baru. Sleman akan memiliki 13 perumahan baru. Pemerintah kabupaten (pemkab) Sleman sudah menyetujui verifikasi permohonan pembangunan ke-13 perumahan tersebut.

Sejak diberlakukannya Perda nomor 14 tahun 2015 tentang Penyerahan dan pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) pemerintah, terdapat 55 permohonan penyerahan prasarana sarana dan utilitas umum kepada pemerintah kabupaten sleman.

Adapun pada tahun 2017 telah dilakukan verifikasi atas permohonan tersebut sejumlah 13 perumahan. Terhadap permohonan penyerahan prasarana, sarana, dan fasilitas umum dari PT Sumber Baru Land untuk perumahan Griya Lavender telah dilakukan verifikasi baik verifikasi secara umum, teknis, maupun administrasi oleh tim verifikasi dari Kabupaten Sleman.

“Dinyatakan verifikasi memenuhi syarat untuk diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sleman yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan verifikasi,” ujar Kepala Badan Kekayaan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten sleman H. Harda Kiswaya SE MM di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (26/09/2017).

Baca Juga :  Warga Rutan pun Ikut Doakan Korban Gempa

Disampaikan Harda, prasarana, sarana dan utilitas umum perumahan Griya Lavender yang diserahkan tersebut berupa Tanah seluas 4.095 m2 senilai Rp 9,324 miliar, bangunan berupa jalan utama (conblok) seluas 3.126,23 m2 senilai Rp. 377.625.690, taman seluas 557,24 m2 senilai Rp 20.060.640, Drainase seluas 652,50 m2 senilai Rp 90.045.000 dan Pos Jaga seluas 9,8 m2 senilai Rp. 13.634.400.

Sementara Bupati Sleman, Sri Purnomo menyampaikan penyerahan PSU tersebut merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya dilakukan verifikasi baik administrasi maupun teknis terhadap PSU yang diserahkan.

“Apa yang dilakukan PT Sumber Baru Land dapat menjadi contoh bagi pengembang-pengembang perumahan yang lain untuk dapat memenuhi kewajibannya yang salah satunya adalah menyerahkan PSU kepada pemerintah,” ujarnya.

Baca Juga :  Tiga Orang Diamankan Saat Berjudi

Penyediaan prasarana, sarana dan fasilitas umum perumahan yang dilakukan oleh pengembang perumahan merupakan kelengkapan dasar fisik sebagai upaya memberikan tempat hunian yang layak bagi setiap orang yang menghuni perumahan. Pemkab berupaya untuk mengawaal agar setiap pembangunan perumahan di sleman memiliki PSU yang layak bagi penghuninya.

Penyerahan PSU perumahan dan permukiman dari pengembang kepada pemerintah daerah bertujuan untuk menjamin keberlanjutan pemeliharaan dan pengelolaan PSU dilingkungan perumahan dan permukiman. Sri Purnomo juga menghimbau kepada para pengembang perumahan di Sleman yang belum menyerahkan PSU kepada Pemerintah Kabupaten Sleman untuk segera melaksanakan kewajibannya tersebut. (yve)