Siap-siap Malu, Uji Petik Emisi Kendaraan Sasar Perguruan Tinggi

119
Petugas dari Dinas Perhubungan Sleman melakukan uji petik emisi gas buang di Sleman, Rabu (14/02/2018).(istimewa)

KORANBERNAS.ID—Civitas akademika di sejumlah perguruan tinggi di Sleman harus siap-siap malu. Hal ini, lantaran program uji petik emisi kendaraan menyasar sejumlah perguruan tinggi di Sleman.

Beberapa kampus yang telah dilakukan uji petik emisi gas buang kendaraan bermotor tersebut antara lain di Universitas Gajah Mada Yogyakarta tanggal 13 dan 14 Februari 2018. Kemudian di STIE YKPN tanggal 7 Februari.

Program yang sama juga dilakukan di Kampus Universitas Respati Yogyakarta tanggal 8 Februari.

Kepala seksi Keselamatan Transportasi Bidang Transportasi Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Bambang Sumedi Laksono saat dijumpai disela-sela pelaksanaan Uji emisi, Rabu (14/02/2018) menyampaikan, pelaksanaan uji petik emisi gas buang kendaraan bermotor di Kabupaten Sleman selama tahun 2018 ditargetkan 20 kali dengan target kendaraan sebanyak 750.

Baca Juga :  Desa Lumbungrejo Maju ke Tingkat DIY

“Untuk uji petik di kampus, masih ditemukan beberapa kendaraan yang tidak lolos uji petik emisi. Baik yang berbahan bakar solar ataupun premium.

“Ya kita berharap, insan kampus yang notabene adalah kaum intelektual, dapat memberikan contoh baik dalam hal perawatan kendaraan,” kata Bambang.

Ditambahkan, program serupa akan diteruskan. Setelah UGM, akan dilanjutkan ke kampus UNY, UPN, UAJY dan kampus lainnya.

Hal tersebut untuk menjaga agar polusi udara tidak semakin parah akibat kendaraan bermotor, mengingat pertambahan kendaraan bermotor yang begitu cepat. (SM)