Siskeudes Percepat Kerja Bendahara Desa

217
Pembacaan ikrar syawalan sekaligus acara pengukuhan Paguyuban Kaur Keuangan Desa di Yanti restoran Bugisan, Sabtu (23/06/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sejak tahun 2017 sesuai dengan semangat Nawa Cita Presiden, semua desa di Kabupaten Bantul menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dengan Siskeudes menjadikan Kaur Keuangan yang juga bendahara desa lebih mudah dan cepat membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan semua anggaran desa.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Paguyuban Kaur Keuangan Desa Kabupaten Bantul, Budi Wibowo, usai syawalan dan pengukuhan pengurus periode 2018-2023 di Yanti Restoran Bugisan, Sabtu (23/06/2018).

Acara pelantikan dihadiri oleh Assek I Pemkab Bantul Helmi Jamharis SH, Kabag Pemdes Jazim Azis SH, Paguyuban Lurah, Paguyuban Kasi Pemerintahan, Paguyuban Kasi Pelayanan, Paguyuban Kasi Kesejahteraan, Paguyuban Kaur Perencanaan dan Paguyuban Kaur TU dan Umum.

“Tentu saja karena menggunakan sistem maka diperlukan kemampuan menggunakan komputer dan juga pengetahuan tentang internet atau IT. Pelatihan sudah dilakukan kepada para Kaur Keuangan Desa guna menambah kapasitas SDM,” kata Budi yang merupakan Kaur Keuangan Desa Gadingharjo Sanden tersebut.

Baca Juga :  Sleman Bakal Pamer Produk Lokal ke Rusia, Apa Saja ?

Dengan demikian tidak ada kendala berarti yang dialami desa.

Sekretaris Paguyuban, Heri Sujoko, mengatakan bagi Kaur Keuangan Desa relatif tidak ada kendala berarti dalam setahun penggunakan aplikasi Siskeudes.

“Di awal-awal sempat ada jaringan yang error, tapi itu cuma sebentar setelah itu lancar,” katanya.

Keberadaan Seskeudes, menurut Kaur Keuangan Desa Wiijirejo Kecamatan Pandak tersebut, sangat membantu proses pelaporan penggunaan keuangan.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Kaur Keuangan tinggal memasukkan data penggunaan anggaran, secara otomatis akan terhitung nilai pajak, lembar bend 26 dan juga pembiayaan lain yang menyertai.

“Jadi kita tidak perlu repot menyusun ini dan itu, cukup pakai sistem saja,” katanya.

Kaur Keuangan tidak ada kendala yang berarti dalam penerapan Siskeudes. Sebab semua Kaur Keuangan mampu untuk mengoperasikan komputer dan jaringan internet dan masih ditambah adanya staf di desa.

Baca Juga :  Gerobak Baru Wujud Tertib PKL di Kampung Kepatihan

“Kami dari Kaur Keuangan Alhamdulillah tidak ada kendala dan semua melek internat. Dengan basik pendidikan minimal SMA dan banyak yang sarjana, relatif lebih cepat beradaptasi dengan sistem yang baru ini,” katanya.

Helmi Jamharis dalam kesempatan tersebut berharap paguyuban akan membantu dalam peningkatan kapasitas Kaur Keuangan Desa di Kabupaten Bantul.

Adapun yang dilantik untuk Ketua Wilayah Barat, Sulistiantoro, Ketua Wilayah Tengah, Subowo dan Ketua Wilayah Timur, Endro Suryono. Sekretaris Giyanta dan Heri Sujoko, Bendahara Sri Sugiyanti serta Arifatulhusni, ditambah koordinator kecamatan, komisi organisasi dan komisi anggaran. (sol)