Siswa Bawa Materai dari Rumah

Wajib Tanda Tangani Surat Pernyataan Taati Aturan Sekolah

134
Suasana pendaftaran ulang siswa yang diterima di Kelas X SMA Negeri Polanharjo Klaten, Kamis (12/07/2018). (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Menjelang tahun ajaran baru, para siswa kelas X SMA Negeri Polanharjo wajib menandatangani surat pernyataan mentaati aturan yang berlaku di sekolah tersebut.

Surat pernyataan itu ditandatangani pada saat pendaftaran ulang siswa pasca-PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) 2018,  Kamis dan Jumat (12-13/07/2018).

“Surat pernyataan mentaati peraturan wajib ditandatangani. Bisa pada saat pendaftaran ulang hari ini (Kamis) atau Jumat dan bisa juga besok saar mau masuk sekolah. Surat pernyataan harus bermaterai,” kata Suwardi, Kepala SMA Negeri Polanharjo.

Siswa yang mendaftar ulang merupakan siswa yang dinyatakan diterima dalam PPDB 2018. Pada tahun ajaran 2018/2019 SMA Negeri Polanharjo menerima 360 siswa baru dengan rincian 5 rombongan belajar (rombel) IPA dan 5 rombel IPS. Masing-masing rombel terdiri 36 siswa.

Baca Juga :  Penyandang Distabilitas Harus Mampu Mandiri

Menanggapi calon siswa yang dinyatakan tidak diterima, Suwardi mengatakan mereka harus mencabut berkas yang dimasukkan pada saat pendaftaran dan menyarankan mendaftar di sekolah swasta.

“Sekolah negeri sudah tutup dan sistem online. Alternatifnya mendaftar di sekolah swasta,” ujar mantan Kepala SMA Negeri Karanganom itu.

Terkait kuota mininal 20 persen untuk siswa miskin, Suwardi juga menjawab tercapai. Hanya saja berapa rincian siswa yang menggunakan KIP dan SKTM akan bisa diketahui setelah pendaftaran ulang selesai pada Jumat siang.

Ady, salah seorang siswa yang dinyatakan diterima di Kelas X dan mendaftar ulang menanggapi positif adanya surat pernyataan itu.

“Langkah yang bagus dan positif. Biar besok kalau sudah masuk sekolah bisa tertib. Surat pernyataan yang ditandatangani merupakan peringatan bagi kami kelak,” jelasnya.

Baca Juga :  Diskusi Kebangsaan Digelar Lagi

Pendaftaran ulang hari pertama siswa kelas X SMA Negeri Polanharjo berlangsung di ruang kelas yang telah ditentukan. Para siswa yang mendaftar ulang tampak membawa meterai dari rumah masing-masing. (sol)