Siswa Diajarkan Mencintai Bumi

206
Siswa SD Sungapan, Desa Argodadi,Kec Sedayu Bantul melakukan pembersihan lingkungan sekolah saat peringatan hari bumi, Sabtu (28/04/2018). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Hari Bumi  setiap tanggal 22 April  dijadikan banyak pihak sebagai momentum  pelestarian alam. Tidak terkecuali bagi SD Sungapan, Desa  Argodadi,Kec Sedayu Bantul  yang menggelar kegiatan  mencintai bumi, alam dan  seisinya Sabtu (28/04/2018).

Peringatan yang dihadiri Camat Sedayu Drs Fauzan Muarifin tersebut dimaksimalkan oleh pihak sekolah untuk melibatkan anak dalam   ‘memeluk’ bumi. Diantaranya mereka diajak melakukan pembersihan lingkungan sekolah termasuk jalan dan selokan,  membersihkan bak sampah di kelas masing-masing, menanam pohon kelapa gading di    pinggir lapangan sekolah serta ikut menanam pohon pucuk merah di jalan masuk  Dusun Sungapan.

Turut menanam pula Lurah Desa Argodadi Prayitno, Dukuh Sungapan Fuady, Kepala Sekolah SD Sungapan, Ngadino Mpd, UPT Sedayu serta keluarga besar SD Sungapan.

Baca Juga :  Lima Pejabat Fungsional Satpol PP Dilantik

“Kegiatan ini baru pertama kali kami lakukan, dengan  tujuan mengajak seluruh warga sekolah utamanya anak-anak mencintai alam dan lingkunganya dengan secara langsung turut merawat dan menjaganya,” kata Ngadino.

Selain itu, dalam keseharian di sekolah sehat itu  siswa  juga dibiasakan  dengan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), membuang sampah dengan cara dipilah dalam tiga bak sampah di tiap-tiap kelas, dan  kegiatan merawat  pohon. Diharapkan  kebiasaan itu bisa diterapkan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Sementara itu Camat Fauzan berharap kegiatan mencintai alam dengan menanam pohon  bisa menjadi kebiasaan masyarakat Sedayu sebagai bentuk merawat bumi.

“Jadi bukan hanya saat peringatan Hari Bumi, namun juga menjadi agenda di tengah masyarakat sebagai bentuk melestarikan alam,”katanya.

Baca Juga :  Siswa Harus Hindari Genk Sekolah

Dengan alam yang hijau akan memberikan  banyak manfaat  bagi kehidupan manusia. Bukan hanya saat peringatan Hari Bumi, bahkan di Sedayu pengantin ada juga yang melakukan kegiatan tanam  pohon  sebagai  wujud mencintai alam. Selain juga kegiatan tebar benih ikan di sungai  wilayah masing-masing.

“Kegiatan ini semoga memberikan manfaat bagi Sedayu untuk  lebih baik,”tandasnya. (yve)