Siswa Sekolah Ini Jauh-jauh ke Jateng Belajar Lingkungan Hijau

163
Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengikuti studi komparasi program adiwiyata di Jateng, Kamis (01/03/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Sebanyak 282 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah di Jawa Tengah (Jateng) seperti di Purworejo, Klaten dan Boyolali, Kamis (01/03/2018). Mereka belajar tentang program adiwiyata atau sekolah ramah lingkungan di beberapa sekolah yang sukses melaksanakan program itu.

“Para siswa melakukan studi komparasi ke sekolah yang berlabel adiwiyata di tiga kota di jawa tengah itu,” ujar Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Drs Slamet Purwo di sekolah setempat.

Didampingi sejumlah guru, mereka juga membuat laporan penelitian dari kunjungan tersebut. Hasil penelitian terbaik dari para siswa nantinya diberikan penghargaan dan jadi dokumen di sekolah.

Selain itu penelitian tersebut akan dikembangkan dalam ekstrakurikuler (ekskul) Karya Ilmiah Siswa (KIR) di sekolah. Melalui penelitian lebih lanjut, hasil penelitian juga diikutkan dalam berbagai lomba, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Baca Juga :  Bupati Minta Operator Jeep Merapi Jangan Ugal-ugalan

“Kalau tahun lalu tema penelitian lebih pada pengenalan program adiwiyata, namun saat ini ditambah tema budaya lingkungan dan literasi,” jelasnya.

Sementara Waka Humas SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Rohmatunnazilah mengungkapkan, sekolah itu mendapatkan kunjungan dari Taiwan Center. Kunjungan tersebut merupakan sosialiasi program pendidikan di Taiwan.

“Orang tua juga diundang dalam sosialisasi ini sehingga anak-anak mereka yang berminat untuk belajar di luar negeri akan mendapatkan informasi yang banyak,” imbuhnya.(yve)