Sitoresmi Prabuningrat Pimpin Parfi

846
Sitoresmi beserta pengurus terpilih Parfi DIY. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID–Ustdzah yang juga pegiat teater dan film Yogyakarta, Sitoresmi Prabuningrat resmi memimpin organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) DIY. Sito terpilih melalui musyawarah cabang organisasi ini yang berlangsung Minggu (08/10/2017) di Studio Yuds Ballroom Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut Sitoresmi mengemukakan bahwasanya Parfi merupakan wadah bagi para insan film yang ada di DIY. Melalui wadah inilah, para insan film dapat berbagi cerita dan pengalaman guna mengembangkan diri.

“Organisasi ini merupakan bagian yang harus didukung dan digerakkan secara bersama-sama dan dalam suasana yang indah. Kita tidak luput dengan adanya pepatah saiyeg sak eko kapti  yang artinya bahwa bekerja harus dengan satu tujuan dan kebersamaan. Dan hal yang terpenting ialah terbentuknya Parfi DIY yang mampu menggalang kolektifitas atas kerja kreatif insan film yang ada di DIY,” ujar Sito yang juga pernah menjadi istri WS Rendra ini.

Sito juga menjelaskan, pihaknya akan melakukan sinergi dengan semua pihak termasuk pemerintah untuk mengembangkan potensi yang ada di DIY terutama dalam bidang teater dan film.

Salah satu pegiat teater dan film DIY, Deddy Ratmoyo menambahkan, adanya organisasi ini merupakan bagian dari keistimewaan DIY. Menurutnya, Jogja menjadi daerah dengan potensi besar dalam bidang seni budaya.

“Dalam perjalanan sejarah DIY merupakan kawah candradimuka dimuka bagi perkembangan sejarah perfilman dan teater. Karena dari kota inilah banyak lahir nama-nama besar dunia perfilman dan teater Indonesia sehingga dengan adanya organisasi ini maka nama Yogyakarta akan kembali bersinar dan Berjaya,” katanya.(SM)