Situs Purbakala Tingkatkan Martabat Bangsa

184

KORANBERNAS.ID — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung menggelar acara Sosialisai Kepurbakalaan yang ada di Kabupaten Temanggung yang berlangsung di Kecamatan Kaloran.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Dra. Woro Andijani, Msi, Selasa (20/03/2018) mengemukakan sosialisai tentang Kepurbakalaan ini sangatlah penting mengingat banyaknya peninggalan purbakala dan cagar budaya yang ada di Temanggung.

“Tentunya ini merupakan suatu kebanggaan dan perlu dijaga kelestariaannya sehingga perlu dibutuhkan kebijakan pelestarian cagar budaya. Dan kedepan, acara ini akan diagendakan rutin setiap tahun sekali.” ungkapnya.

Sedangkan tujuan diadakanya Sosialisai Kepurbakalaan ini, lanjutnya, adalah untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa dan warisan umat manusia.

Dikatakan, dengan melestarikan warisan cagar budaya, akan pula meningkatkan harkat dan martabat bangsa, memperkuat kepribadian bangsa, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mempromosikan warisan budaya bangsa kepada masyarakat internasional.(yve)