Sleman Dinilai Paling Terbuka dalam Hal Infomasi

57

KORANBERNAS.ID–Kabupaten Sleman tampil dominan pada Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2018, Kamis (27/09/2018) malam, bertempat di Bangsal Kepatihan Yogyakarta.

Kabupaten Sleman menyapu bersih semua kategori dengan memborong 8 penghargaan. Yakni kategori PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Utama, kategori OPD Kabupaten/Kota, kategori Kecamatan, kategori BUMD, kategori Instansi Vertikal, kategori OPD tingkat Pemprov DIY, kategori Yudikatif dan kategori Legislatif (apresiasi).

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengaku bangga dengan raihan tersebut. Ia berharap keterbukaan informasi di Kabupaten Sleman dapat ditingkatkan lagi sebagai upaya mendekatkan diri kepada masyarakat.

Menurutnya dengan meningkatnya keterbukaan informasi akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat.

“Kami bersungguh-sungguh memenuhi hak masyarakat dalam keterbukaan informasi,” ucapnya.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Kampus Jaga Peradaban Bangsa

Sementara Sekretaris Daerah DIY, Gatot Saptadi mengungkapkan bahwa negara berkewajiban untuk menyediakan segala informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Maka menurutnya pemerintah baik pusat maupun daerah harus menyiapkan insfrastrukturnya. Dikatakan Gatot bahwa semakin terbuka penyelenggara negara dan dapat diawasi oleh publik, maka kinerja penyelenggara negara tersebut dapat semakin dipertanggungjawabkan.

“Saya berharap pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan kinerja dalam keterbukaan informasi di DIY dan mendorong pihak lain untuk mengikutinya,” kata Gatot.

Hazwan Iskandar Jaya selaku Ketua Komisi Informasi DIY dalam laporannya mengatakan bahwa penilaian dilakukan oleh Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) dan Universitas Aisiyah Yogyakarta.

Adapun indikator penilaian, meliputi penyebaran kuisioner dengan bobot nilai 15%, pencermatan website badan publik 40%, visitasi 20%, uji akses oleh para mahasiswa UNISA 15%, dan Presentasi oleh badan publik di hadapan tim penilai 10%.

Baca Juga :  Jadi Penyair Muda? Iqbal Membuktikannya

“Total ada sebanyak 217 badan Publik yang kami nilai,” jelasnya.

Adapun Badan Publik di Kabupaten Sleman yang berhasil meraih penghargaan diantaranya adalah PPID Pemkab Sleman sebagai peringkat 2 kategori PPID Utama, BKPP  Sleman sebagai peringkat 1 dan Dinas Kominfo Sleman sebagai peringkat 4 kategori OPD Kabupaten/Kota, Kecamatan Depok dan Kecamatan Ngemplak masing-masing sebagai peringkat 1 dan 2 kategori Kecamatan, PD BPR Bank Sleman sebagai peringkat pertama kategori BUMD dan DPRD  Sleman yang meraih penghargaan Apresiasi. (SM)