Sleman Ingin Anggrek Sedot Wisatawan

949
Salah satu anggrek unggulan yang dipamerkan pada Festival Anggrek 2017.

KORANBERNAS.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo mengharapkan keberadaan Festival Anggrek dapat menjadikan Sleman sebagai salah satu tujuan kunjungan wisata Anggrek.

“Berbagai jenis anggrek kalau dibudidayakan dengan baik akan mendapatkan keuntungan, karena dari tahun ketahun pecinta anggrek terus bertambah, bukan hanya kaum perempuan akan tetapi juga kaum pria,” kata Kustini, Senin (11/9) siang, pasca digelarnya Festival Anggrek di Sleman.

Menurut Kustini, anggrek merupakan bunga yang cukup tahan lama dan digemari semua pihak. Ke depan Festival Anggrek ini dapat melibatkan berbagai pihak bahkan bisa me-nasional.

Festival Anggrek Vanda Tricolor sendiri telah berlangsung mulai 6-10 September 2017  di Taman Anggrek Titi Orchids Tebonan Desa Hargobinangun Pakem Sleman. Acara tersebut  ditutup oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo yang ditandai dengan penyerahan hadiah.

Para peraih hadiah dari lomba tersebut antara lain, untuk kontes Anggrek Vanda Tricolor varietas Suavis Lindley juara I diraih Sri Rahayuningsih dari Sumberan Pakem yang mendapat hadiah uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta. Juara II didapat Ilham Shah dari Taman Siwi Panganti  Jalan Kaliurang km 16 yang berhak mendapat hadiah uang pembinaan Rp 2 juta dan juara III Dewi Anwari dari Magelang mendapat hadiah uang pembinaan Rp 1,5 juta.

Sedang untuk kontes Anggrek Dendrobium Spatulata, juara I disabet Yuni Rahayu dari Semaki, yang mendapat hadiah uang pembinaan Rp 1,5 juta, juara II Bobby Ardianto dari Rumah Anggrek Solo mendapat hadiah uang pembinaan Rp 1 juta, dan juara III diraih Wahyu Nugroho dari Kota Yogyakarta mendapat hadiah uang pembinaan Rp 750.000.

Sementara lomba pendukung yang berupa lomba mewarnai tingkat TK juara I Ani dari Sorolatan, juara II Muhammad Amru Kurniadi dari TK Dwi Jaya dan juara III Kanzaufan dari TK Boyong .  Sedang lomba menggambar tingkat SD juara I  Aisyah Nur Isnaeni sdari SD Muhammadiyah Karangwaru, juara II Chykita Devilia N  dan juara III Indira Meisya dari SD Muhammadiyah Wirobrajan. Para juara mendapat piagam dan uang pembinaan. (ros)