Sleman Integrasikan Sistem Informasi

45

KORANBERNAS.ID–Dalam rangka upaya peningkatan pelayanan khususnya dalam pembayaran pajak daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melakukan kerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU Penyelenggaraan Penyediaan Dan Pemanfaatan Layanan Jasa Perbankan antara Bupati Sleman, Sri Purnomo dengan Pemimpin Wilayah PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Yogyakarta, Hendro Padmono dan penandatanganan MoU antara Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya dengan Pemimpin Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu (29/08/2018).

Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSi menyampaikan apresiasinya kepada Bank BRI yang telah mendukung upaya-upaya perbaikan layanan khususnya dalam pembayaran pajak daerah melalui jasa perbankan.

Baca Juga :  Perluasan Potensi Lahan Tingkatkan Ketahanan Pangan

“Saya harapkan dengan nota kesepakatan ini, Pemerintah Kabupaten Sleman dapat memperbaiki kualitas pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat juga akan termotivasi untuk membayar pajak-pajak,” tutur Sri Purnomo.

Menurutnya seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka saat ini penyelenggaraan tata pemerintahan  yang baik juga dituntut berbasis  elektronik (e-Government). Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, secara bertahap diharapkan bisa membangun sistem informasi yang terintegrasi untuk  menghasilkan birokrasi yang cepat,  akurat, efisien dan transparan.

“Melalui nota kesepakatan ini maka merupakan suatu kemajuan  untuk memudahkan dan mempercepat  masyarakat dalam hal pembayaran pajak karena semakin banyak alternatif sarana untuk membayar pajak, salah satunya melalui Bank BRI,” tambah Sri Purnomo.

Baca Juga :  Lima Program Ini Sebabkan Pemkab Sleman Raih IGA 2017

Sementara  Pemimpin Wilayah PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Wilayah Yogyakarta, Hendro Padmono mengatakan bahwa mekanisme pembayaran pajak melalui layanan perbankan dari Bank BRI dapat dilakukan  teller, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), sms banking, mobile banking system, internet banking dan fasilitas lainnya. Program ini juga mendukung Kabupaten Sleman dalam mengembangkan Smart Regency.

Hendro berharap melalui kerjasama ini dapat mengoptimalkan pengelolaan penerimaan pendapatan daerah dari sektor Pajak Daerah serta memfasilitasi kemudahan Wajib Pajak dalam melakukan pembayaran Pajak Daerah melalui layanan perbankan. (yve)