Sleman Kaya Aneka Ragam Budaya

1243
Gelar potensi budaya Gedung Kesenian Sleman, Sabtu (30/09/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kabupaten Sleman memiliki aneka ragam potensi budaya yang unik di masing-masing desa. Karenanya beragam potensi itu perlu dipublikasikan ke masyarakat luas. Salah satu upayanya melalui gelar potensi budaya Sleman di depan gedung Kesenian Sleman, Sabtu (30/09/2017).

Menurut Kabag Humas Sleman, Dra Sri Winarti, Minggu (01/10/2017), desa yang ikut gelar budaya antara lain Banyurejo Tempel, Pandowoharjo Sleman, Wonokerto Turi, Wedomartani Ngemplak, Sendangagung Minggir, Girokerto Turi dan Sendangmulyo Minggir.

“Selain itu Margodadi Seyegan, Sinduharjo Ngaglik, Argomulyo Cangkringan,” jelasnya.

Sedang menurut Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, HY Aji Wulantara SH MHum gelar desa budaya ini merupakan ajang untuk mempublikasikan potensi budaya yang dimiliki desa di wilayah Sleman.

Baca Juga :  Ribuan Orang Hadiri Deklarasi Kebangsaan di Pantai Jatimalang

“Perlu diluruskan bahwa budaya bukan hanya kesenian saja tetapi mencakup potensi yang lebih luas lagi seperti kuliner pun termasuk kekayaan budaya, juga kerajinan, batik, pakaian, mata pecaharian dan lainnya. Gelar budaya diharapkan masyarakat yang memiliki potensi budaya dapat mengekspresikan budaya yang dimiliki dan masyarakat yang menyaksikan dapat menikmati keindahan budaya,” kata Aji.

Dikatakan Aji saat ini juga dapat menjadi mesin penggerak ekonomi masyarakat karena ragam budaya bisa mempunyai nilai ekonomis yang tingggi.

Sementara Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo yang juga hadir bersama Ketua DPRD Sleman meninjau pameran potensi budaya diarena depan panggung meliputi aneka kuliner khas desa budaya seperti bebek bacem, jadah tempe, sego legono, slondok renteng, salak pondoh dan aneka olahan salak dll kerajinan tas, kulit, kayu, batik, pakaian dan asesoris kesenian, peralatan kesenian dan lainnya.

Baca Juga :  BCA Gelar Roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge di Yogyakarta

Sri Purnomo juga meresmikan dibukanya situs desa budaya Sleman. Bupati menyambut baik gelar desa budaya ini karena Sleman memang memiliki banyak desa budaya dan segala potensi pendukungnya. Kegiatan itu diharapkan dapat memberikan dorongan agar ragam potensi budaya yang ada dapat lebih berkembang yang pada gilirannya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Sleman. (yve)