Sleman Pilih Jalan Sehat Peringati “May Day”

370
Bupati Sleman, Drs H Sri Purnomo MSI melepas peserta jalan santai peringati Hari Buruh di lapangan Pemkab Sleman, Selasa (01/05/2018).(nila jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Berbeda dari aksi anarkis demo buruh di pertigaan UIN Sunan Kalijaga, dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional 2018 atau May Day sekaligus memperingati Hari Jadi Sleman ke 102, Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan jalan santai tripartit dengan titik kumpul di Lapangan Pemda Sleman, Selasa (01/05/2018). Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya Pemkab Sleman mewujudkan nilai-nilai hubungan industrial yang harmonis, berkeadilan dan bermartabat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Drs Untoro Budiharjo menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Buruh kali ini, diikuti sebanyak 5.161 orang yang terdiri dari Pemerintah, Pengusaha dan pekerja (buruh, serikat) yang berdomisili dan berkegiatan di Kabupaten Sleman.

“Kegiatan kali ini tadinya ditargetkan mencapai sekitar 3.500 orang, namun sampai batas waktu pendaftaran telah mencapai kurang lebih 5.161 orang,” katanya.

Adapun rute dari kegiatan jalan santai tersebut yaitu nantinya peserta dilepas oleh Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI. Rute jalan santai menyusuri rute Jalan KRT Pringgodiningrat, Pertigaan Drono, Jalan Samirin, Lapangan Tenis, PN Sleman, Jalan Merbabu, Rumah Dinas Bupati Sleman, sampai berakhir kembali di Lapangan Pemda.

Selain kegiatan jalan santai, dalam peringatan tersebut juga terdapat beberapa rangkaian kegiatan yaitu senam pagi massal, kegiatan donor darah, beberapa hiburan, dan pembagian doorprize.

Sedangkan Sri Purnomo mengatakan bahwa peringatan Hari Buruh Internasional merupakan tradisi dikarenakan menjadi kegiatan yang rutin selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini menjadi kebiasaan yang baik ketika tanggal 1 Mei kita bersama-sama menyatu antara Pemerintah, Pengusaha dan para Pekerja (Buruh, Serikat Buruh) melakukan kegiatan-kegiatan menyehatkan,” kata Sri Purnomo.

Sri Purnomo juga mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan nantinya mampu memupuk hubungan yang harmonis baik antar Pemerintah dengan Pengusaha, maupun para Pengusaha dengan karyawan atau pekerjanya. (yve)