SMP Kristen Juara FKR 2017

384

KORAN BERNAS, ID–Festival Ketoprak Remaja (FKR) 2017 yang digelar di SD Kristen 3 Klaten, Sabtu (08/10/2017) diikuti 7 peserta. Dalam even itu, SMP Kristen 3 Klaten tampil sebagai juara.

SMP Kristen 3 yang menyajikan lakon Katresnan Ing Candi Sewu tampil sebagai penyaji terbaik berdasarkan keputusan tim juri yang terdiri dari Mulyono, Heru Sudibyo dan Srihadi (ISI Solo)

Atas prestasi itu SMP Kristen 1 berhasil menyabet tropi bergilir bupati.

Sedangkan penyaji terbaik kedua diraih SMP 1 Klaten yang membawa lakon Mendhung Ngendhanu Katiyuping Samirana Turindha dan penyaji terbaik ketiga dan penyaji favorit SMP 7 Klaten dengan lakon Dumadine Rawa Jimbung.

 

Penyaji harapan I diraih SMP 2 Karangnongko dengan lakon Ontran Ontran Sela Putra, penyaji harapan II SMP 4 Klaten dengan lakon Joko Blowo dan tata rias serta kostum dan tata stage artistik terbaik diraih SMP Kristen 1. Untuk kriteria dagelan juara 1 diraih SMP 4,  juara 2 SMP 1 dan juara 3 SMP Kristen 1.

Camat Klaten Tengah Widayatno mewakili Plt Bupati Sri Mulyani berharap agar ketoprak dilestarikan di masa yang akan datang.

“FKR ini tidak untuk mencari pemenang tetapi bagaimana upaya kita untuk melestarikannya,”pintanya.

FKR 2017 merupakan yang pertama dan rangkaian pelaksanaan festival ketoprak pelajar (FKP) di Kabupaten Klaten yang pelaksanaannya dimulai pada 8 dan 9 September untuk FKP tingkat SD dan tingkat SMA/SMK dilaksanakan 21 hingga 24 September ditempat yang sama.

FKR 2017 diselenggarakan Kecamatan Klaten Tengah yang bekerjasama dengan Amigo Group.  Owner Amigo Group Edy Sulistyanto mengatakan kegiatan FKR dan FKP dilaksanakan dengan didasari rasa keprihatinannya terhadap kaum muda yang dewasa ini sudah kurang peduli terhadap kesenian tradisional khususnya ketoprak. (SM)